Monev 10 Program Pokok TP. PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2024 Desa Ciwaringin

Kabupateb Cirebon, Liputan12.com - Tim penggerak TP. PKK Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan kerja dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) untuk meningkatkan kualitas kader terkait 10 Program kerja TP. PKK tingkat Kecamatan, bertempat di Balai Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon
Hadir dalam acara, Ketua TP. PKK Kabupaten Cirebon Hj. Nunung Roosmini, didampingi Tim Kelompok kerja (Pokja) TP. PKK tingkat Kabupaten, Sekertaris Camat (Sekmat) Ciwaringin, Kuwu sekecamatan Ciwaringin dan seluruh Tim Penggerak TP. PKK se-kecamatan. Jum’at, 03 Mei 2024.

Kuwu Desa Ciwaringin Wawan Gunawan menyampaikan, melalui kegiatan Monitoring dan evaluasi 10 program PKK Desa tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2024 di Desa Ciwaringin merupakan unsur penting agar terciptanya tertib administrasi, “ia berharap lewat kegiatan Monitoring dan evaluasi sekaligus Pembinaan yang dilakukan Kader PKK tingkat Kabupaten akan membawa pengurus kader TP. PKK Desa Ciwaringin akan menjadi lebih baik dalam mengurus administrasi, sehingga TP. PKK Desa Ciwaringin akan semakin maju bersama membangun Desa,“ harapnya.
Lanjut Kuwu Ciwaringin Wawan Gunawan, dengan adanya pelaksanaan monitoring dan evaluasi 10 Program pokok PKK tingkat Kabupaten tahun 2024 dapat memicu semangat kerja Tim penggerak PKK tingkat Desa se-kecamatan Ciwaringin dan dapat bekerja secara profesional dan tertib administrasi menjalankan tugas Pokok PKK serta mampu melakukan pembinaan dan pendampingan pada warga di wilayahnya masing-masing,“ tambahnya.
Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Cirebon, Hj Nunung Roosmini, ingin mengetahui pencapaian 10 program PKK desa dan peningkatan kapasitas LKD 2024 di Desa.

Menurut Nunung TP PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, dimana fungsi PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak di masing-masing jenjang untuk terlaksananya program.

"Kegiatan PKK merupakan program yang dilakukan secara terus-menerus melalui peran serta masyarakat. Sehingga akan lebih cepat dinikmati oleh masyarakat dalam tatanan keluarga," katanya.

Selain itu menurutnya, PKK juga mampu menggerakkan keluarga dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonominya melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga.

Sehingga pembinaan keluarga dalam pelaksanaan dan pengembangan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK serta ikut mendorong pembentukan koperasi oleh kelompok khusus usaha peningkatan pendapatan keluarga PKK di tingkat maupun Desa.

"Kedatangan saya di Desa Ciwaringin ini untuk melihat dan menilai sejauh mana 10 program pokok PKK yang dijalankan oleh Desa Ciwaringin berjalan atau tidak, selain itu kami juga memberikan masukan serta meninjau pendampingan yang dilakukan oleh masing-masing kelompok TP PKK di tingkat Kecamatan," katanya.

Bung Arya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama