Umat Muslim Diminta Persiapan Sambut Ramadhan


TEGAL, LIPUTAN 12. COM - MESKI masa Pemilu 2024, belum berakhir, namun masyarakat Kota Tegal khususnya umat muslim diminta untuk mempersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan yang kian dekat. 

"Pemilu telah usai, giliran Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan perangkat lain yang terlibat dan tim-tim politik yang bekerja untuk menyelesaikan tugasnya masing-masing. Jika ditemukan masalah seperti kecurangan, mereka  yang bertugas akan menyelesaikannya dengan proses yang sudah ditetapkan," kata Ustadz Muhammad Zakaria SAg, Jumat (1/3). 

Adapun terkhusus umat muslim perlu fokus pada kegiatan yang lebih penting bagi diri mereka diantaranya seperti ibadah, bekerja, belajar, kuliah hingga kegiatan sosial terlebih khusus lagi persiapan menyambut Ramadhan. 

"Banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan Syakban dalam menyambut Ramadan. 
Persiapan selanjutnya, menyucikan fisik dan batin. Fisik dengan menjaga kesehatan agar kuat berpuasa sebulan penuh, menyucikan batin dan harta dengan bersedekah, mengunjungi dan memohon maaf pada orang tua, memohon maaf kepada sesama, silaturahmi, memberikan hadiah , melunasi hutang puasa bagi wanita, serta berpuasa sunah untuk mengawali puasa Ramadan," ungkap Zakaria yang juga Pembina Masjid Baitul Iman. 


Ditambahkan, Rasullulah SAW senantiasa berpuasa sunah pada bulan Syakban, lalu menyambungnya dengan puasa pada Ramadan. 

“Ramadan adalah bulan untuk membakar dosa-dosa kita. Dan di sini harus serius. Harus merasa bangga dengan datangnya Ramadan, jangan hanya bangga dengan Idul Fitrinya. Mari kita sambut dengan persiapan yang terbaik,” ucapnya.

Dan di sini, sebagai seorang ulama, memiliki peran aktif untuk menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan dan menyudahi semua perpecahan, serta mengajak umat Islam untuk saling menjalin kembali tali persaudaraan satu sama lain setelah pemilu usai, dan bukan justru sebaliknya.

"Datangnya bulan Ramadhan adalah momen terbaik untuk saling memaafkan dan memberi maaf, dan perbanyak istighfar minta ampun kepada Allah SWT atas dosa dan kesalahan yang Kota perbuat, sambutlah bulan suci ramadhan dengan wajah ceria yang selalu menebarkan kasih sayang dan kedamaian, sesuai sabda rosulullah siapa orangnya yang gembira kedatangan bulan suci ramadhan maka haram jasadnya masuk neraka, dalam hadits juga disampaikan tebarkan kasih sayang terhadap mahluk dimuka bumi maka mahluk yang ada dilangit para malaikat akan menyayangi kamu sekalian, pungkasnya. (Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama