Pasca "Galodo" Hantam Tanah Datar, sisakan kepiluan.


Liputan12.com
,Tanah Datar-- Galodo Sumatera Barat sisakan kepiluan yang mendalam. Hamparan Sawah yang mulai menguning jadi tumpuan harapan sebagian masyarakat, pupus seketika di hantam Bencana Galodo.

Hanya tinggal tangisan dan ratapan dengan pandangan kosong memandang sawah yang sangat diharapkan masyarakat sebagai penyambung hidup sudah tidak ada lagi.


Menurut Sekretaris Nagari Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar yang Nagarinya sudah hancur di hantam Galodo, Armen marlin menyampaikan selasa (14/5) " sekitar 60 KK dengan total 500 jiwa Masyarakat Limo Kaum sekarang menderita .

" Data yang kami dapat Kerusakan rumah berat 150 buah, kerusakan total bangunan 500 bangunan. Sementara untuk luas pertanian maupun perkebunan yang rusak serta hancur sekitar 150 Hektar."


Mungkin 1 tahun kedepan untuk pertanian walahu a'lam karena irigasi untuk pengairan sawah masyarakat sudah bobol semuanya, mulai dari hulu sampai ke hilir. Masyarakat hanya bisa mengharapkan hujan untuk bisa menggarap sawah. Tak bisa di bayangkan, esok masyarakat bagaimana untuk bisa bertahan."



"Untuk itu Kami masyarakat Tanah Datar khususnya masyarakat Limo Kaum sangat mengharapkan uluran bantuan, terutama untuk Generasi muda maupun anak-anak yang masih sekolah berupa Pakaian, selimut, sepatu, Buku serta kebutuhan sekolah lainya," ujar Sekretrais Nagari sedikit terbata-bata.(caang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama