Lahan Pesawahan di manfaatkan Menjadi Tempat Faporit Ngabuburit Bagi Warga "Gandasoli"Sambil Bermain Layangan


Liputan12.com, Sukabumi - Warga kampung Citespong Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi,manfaatkan waktu ngabuburit sambil menunggu Berbuka puasa dengan cara unik yaitu bermain layangan di pematang sawah.dari usia anak-anak hingga orng tua.

Dari pantauan Liputan12 di lapangan, Jumat(07/04/2023) warga setempat manfaatkan waktu ngabuburit saat bulan ramadhan dengan cara bermain Layang-layang di area Pesawahan milik Saud Tumin dan sawah lega,Dusun tiga,kampung Citespong,Desa Gandasoli.

Salah satu warga burhanudin mengatakan,"setiap bulan Ramadan, pematang sawah selalu menjadi salah satu tempat favorit warga untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

“Uniknya warga di sini tak cuma sekadar duduk-duduk atau berburu hidangan takjil, tapi juga dapat memainkan permainan tradisional yaitu layang-layang ,” ucapnya, 

Setiap sore, ada puluhan warga yang bermain layang-layang di pematang sawah. Warga setempat menamainya ‘SEREPET JEMPRUNG’. Mulai dari anak- anak, pemuda sampai orang tua, semua berkumpul untuk memainkan mainan yang mulai terlupakan"ujarnya.

“Tak hanya main layangan, tapi juga moro langlayangan (mengejar layangan) yang lepas dari benangnya,”imbuhnya.

Sementara Adris Sutisan menambahkan"memanfaatkan waktu Ngabuburit di sawah sambil bermain layangan tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antar warga. Rupanya bukan hanya warga kampung Citespong saja, yang datang untuk bermain layangan di pematang sawah. Sejumlah warga lainnya juga datang dari luar kampung citespong."bebernya 

“Mereka yang bermain layangan bukan hanya warga kampung Citespong, tapi ada juga yang datang dari luar kampung Citepsong.” paparnya.

Adris sutisan atau yang kerap di sapa akrab { boncel } berharap tradisi ngabuburit sambil bermain layangan tersebut tidak hilang, namun bisa lestarikan sebagai tradisi ngabuburit saat Ramadan.

“Semoga tradisi ini tidak hilang digilas kemajuan jaman dan teknologi saat ini yang semakin maju,” tandasnya. 

Reporter : Sopiyan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama