HINGGA HARI TERAKHIR, PENDAFTARAN KPPS,"PARTISIPASI PENDAFTAR BELUM SERATUS PERSEN.


Panitia pemungutan suara (PPS) Kelurahan Sukabangun hingga hari Rabu,20 Desember 2023, membuka pendaftaran Kelompok Panitia Pemungutan suara (KPPS), Hingga berakhir pukul 23.59.wib.
Nampak para petugas PPS dan staf kelurahan Hadir di kantor lurah untuk menerima pendaftaran KPPS baik secara faktual maupun online.

Palembang,20/12/23.
Partisipasi publik untuk ikut berkiprah dalam pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, nampaknya menurun.
Hingga pukul 22.00wib,hasil pemeriksaan administrasi pendaftaran calon anggota kpps masih berkisar delapan puluh persen.

Hal ini terkonfirmasi dari salah satu petugas PPS yang masih sibuk untuk melengkapi persyaratan administrasi, agar setiap TPS sudah lengkap semua anggota kpps Nya.
Hal ini juga disampaikan salah satu staf kelurahan sukabangun,yang sempat memberikan tanggapan nya, mengenai partisipasi masyarakat untuk mendaftar sebagai KPPS,"ini juga dikarenakan peraturan Administrasi yang membatasi usia calon KPPS maksimal lima puluh lima tahun,dan berpendidikan SLTA sederajat."
Sehingga para RT, merasa kesulitan mencari calon anggota kpps yang berpengalaman dan cakap.
Karena anggota kpps Lima tahun yang lalu sudah tidak Bisa lagi mendaftar karena usianya sudah tidak memenuhi persyaratan.
Sedangkan Warga lainnya yang memenuhi persyaratan, enggan mendaftar, karena menilik pengalaman kerja KPPS Lima tahun lalu,yang bekerja ekstra tenaga pikiran dan waktu, bahkan banyak yang mengalami sakit.

Apalagi mereka Belum berpengalaman untuk hal seperti itu sehingga minat anak muda untuk mendaftar sangat minim.

Belum lagi harus dibebani dengan biaya cek kesehatan,yang berkisar 60 ribu rupiah,dan persyaratan lain yang terkesan njelimet.
Padahal nantinya mereka lah yang akan bekerja mensukseskan orang orang yang belum sukses menjadi orang sukses.

"Melihat pengalaman pemilu yang lalu sampai ada yang bekerja dari pagi hingga larut malam,ada juga yang sampai pagi dalam penghitungan suara "tutur salah satu pendaftar yang sempat berseloroh mengungkapkan pengalaman nya menjadi KPPS.

Bahkan dengan dibukanya pendaftaran secara online,tidak juga efektif untuk menjaring tenaga tenaga calon KPPS yang mau berpartisipasi dalam "pesta"demokrasi.
Semoga saja minim nya partisipasi masyarakat untuk menjadi petugas kpps, tidak terjadi pada minim nya partisipasi masyarakat untuk mencoblos, memberikan hak suaranya di pemilu 2024 nanti.
(Purwondo Palembang).


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama