Pergelaran Seni dan Budaya Pencak Silat dan Debus,sukses di gelar di Acara Pesta Rakyat Sukabumi Expo 2023

Sukabumi, Liputan12.com - Pegelaran seni budaya pencak silat,dan debus khas l daerah palabuhanratu yang dibawakan oleh paguyuban padjajaran anyar sukses di gelar di pesta rakyat.dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Sukabumi ke-153 yang bertemakan Sukabumi Expo 2023.bertempat di Lapang cangehgar (RTH) Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.Hari Sabtu (02/09/2023) 20.30 wib.

Dengan menampilkan berbagai seni budaya pencak silat,debus,dengan di iringi alunan musik tradisional.

Dalam atraksi debus tidak hanya menampilkan mengenai kekebalan tubuh saja, tetapi juga ada seni tari dan suara serta kebatinan bernuansa magis.

Paguyuban padjajaran anyar yang di ketuai kang firman ini membuat 
para penonton decak kagum,seperti menyayat dan menusukan dengan sebilah golok ke perut dan tangan,namun tidak sedikitpun luka pada bagian tubuh mereka.

H.Agus Candra Selaku Direktur Ivent Organizer Buana Cipta Promosindo mengatakan"saya merasa bangga dengan adanya seni budaya Sunda yang harus kita jaga dan di lestarikan oleh karena itu,kebudayaan dan seni tradisional sangatlah penting untuk memperkenalkan keunikan dan keindahan yang terdapat pada budaya serta seni tersebut.

Agar menjadikan tontonan yang menarik dan menghibur masyarakat Palabuhanratu dan sekitarnya di pesta rakyat ini. 

tidak lupa juga,saya ucapkan terima kasih kepada paguyuban pajajaran anyar yang telah memberikan penampilan yang luar biasa, maka dari itu saya selaku Ivent Organizer mudah mudahan seni budaya kita ini di mumule oleh pemerintah dan menjadi binaan,untuk jenjang tingkat nasional,"pungkasnya 

sementara itu ditempat yang sama Ketua Paguyuban Pajajaran Anyar . Firman sapaan akrabnya, menjelaskan ," Alhamdulillah kita bisa tampil di acara ini dan tentunya, kita merasa bangga dan juga tidak lupa saya ucapkan kepada H.Agus Candra selaku EO (Event Organizer) yang sudah mengundang kami untuk tampil di acara malam ini,"jelasnya 

Tentunya saya sangat mengapresiasi kepada penyelenggara Event Organizer. Yang sudah mengundang kita di acara EXPO ini, mudah mudahan kedepannya kita bisa kembali di undang untuk tampil kembali di acara seperti ini," pungkasnya.

Reporter.Ajid.u

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama