103 Peserta Pendidik Ikuti Bimbingan Teknis Akreditasi Sekolah/Madrasah Pendidikan Tahun 2023



TEGAL  , LIPUTAN 12 . COM – 103 Peserta yang terdiri dari Satuan Pendidikan SD / MI, Satuan Pendidikan SMP / MTs, Satuan Pendidikan SMA / SMK dan Pengawas SD dan SMP ikuti Bimbingan Teknis Akreditasi Sekolah/Madrasah Pendidikan Tahun 2023, Kamis (31/08/2023) di Ruang Pertemuan Hotel Premiere Tegal.

Bimbingan Teknis ini adalah agar satuan pendidikan bisa menyiapkan diri untuk bekal visitasi akreditasi pada tahun berikutnya.
Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal, M. Ismail Fahm, S.IP., M.Si yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dewi Umaroh, S.Psi., M.H menyampaikan bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu dilakukan berkesinambungan dan terpadu sebagai bentuk akuntabilitas publik. Dalam mewujudkan upaya tersebut secara bertahap dan terencana dilakukan akreditasi dalam rangka menilai kelayakan program dan atau satuan pendidikan. 


“Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan satuan atau program pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. 

Akreditasi dilakukan oleh lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik atas dasar kriteria yang bersifat terbuka, lebih lanjut diantur dengan peraturan pemerintah” ucap M. Ismail Fahmi.

Dirinya juga menambahkan, kelayakan program/atau satuan pendidikan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). SNP adalah kreteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh karena itu, SNP harus dijadikan acuan guna memetakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah.

“Kegiatan akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan susasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, serta terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan” pungkas M. Ismail Fahmi. 


Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah  Provinsi Jawa Tengah, Dr. Edi Drajat Wiarto M. Pd.(Ag)


Tags. : Pendidikan 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama