Ratusan Casis Bintara Seleksi Penerimaan Bintara Polri Tahun 2023 ikuti PMK dan Psikologi II


Palembang, Liputan12.com - Kabid Propam Polda Sumsel sebagai ketua Tim Penulusuran Mental Kepribadian (PMK), pimpin tes ujian pengisian daftar pertanyaan clearance test penelusuran mental kepribadian (DPCT PMK) dalam seleksi Rekrutmen Penerimaan Bintara Polri Tahun 2023 di Gedung Golden Sriwijaya Palembang pada Rabu (21/06) Pagi 

Kabid Propam Polda Sumsel Kombes Pol Agus Halimudin SIK MH melalui Kasubbid Paminal mengatakan, Bahwa untuk rangkaian seleksi penerimaan Bintara Polri telah memasuki Tahap Penulusuran Mental Kepribadian (PMK), yang mana sebagai penguji adalah dari Personel Bid Propam Polda Sumsel , berdasarkan peraturan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Nomor 02 Tahun 2015.

Kasubbid Paminal AKBP Adhi Setyawan menyampaikan,“ Saya sebagai Ketua Tim pelaksana Penguji PMK telah melaksanakan pembukaan tes ujian pengisian daftar pertanyaan clearance test penelusuran mental kepribadian (DPCT PMK),” ucap Adhi.

“Adapun jumlah peserta pada hari ini sebanyak 259 orang terdiri dari Calon Polki
untuk tim penguji dari personel Bidpropam Polda Sumsel yang melibatkan Panitia serta Was Internal dan Eksternal Penerimaan Bintara Polri T.A.2023 Panda Polda Sumsel,” ujar Adhi

Adhi juga mengatakan,“ Kegiatan pengisian jawaban DPCT dan PMK adalah merupakan rangkaian dari seleksi penerimaan Bintara Polri Tahun Anggaran 2023 dan hasil jawaban merupakan penentu para peserta seleksi apakah di terima untuk menjadi calon siswa Bintara Polri atau,” kata Adhi. 

“Sebagaimana diketahui bahwa penerimaan Polri tidak dipungut biaya, “Penerimaan Polri tidak dipungut biaya untuk hasil test diumumkan secara transparans, akuntabel sehingga dapat di percaya oleh masyarakat publik,” tutup Adhi

Ditempat yang sama Saat dimintai keterangan oleh wartawan Rabu 21/06/2023 Karo SDM Polda Sumsel Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK MSI melalui Kabag Psi Kompol Suparyono ,S Psi,M.Psi,Psikolog dalam kesempatannya mengatakan bahwa Tes Psikologi ini untuk melihat latar belakang mental kepribadian para peserta, pergaulan di lingkungannya, ataupun ada tidaknya keterlibatan dalam tindakan kriminalitas maupun organisasi terlarang yang ada. 

“Pada pelaksanaan Tes Psikologi Tahap II ini tetap mengikuti protokol Kesehatan, para panitia, peserta tetap menggunakan masker dan menjaga jarak untuk menghindari penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Suparyono mengatakan untuk hari ini uji Psikologi Tahap II penerimaan Bintara Polri T.A 2023 berjumlah 200 orang dengan perincian 169 Pria dan 31 Wanita. Lanjut, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang hari ini sudah melaksanakan tes Psikologi dengan baik.

“Terus berdoa dan berusaha semoga apa yang kalian cita-citakan menjadi Bintara Polri dapat tercapai,” pungkasnya. Tutupnya (Rian).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama