HUT ke-496, Jakarta Tunjukan Ketahanan Luar Biasa Hadapi Tantangan dan Perubahan

Jakarta, Liputan12.com - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang telah berperan serta dalam kemajuan Kota Jakarta.

"Di usia ke-496 tahun, kota Jakarta tidak hanya merayakan pergantian usia, tetapi juga merefleksikan perjalanan panjang dan perubahan yang telah dialami oleh Kota Jakarta, sejajar dengan kota-kota maju di dunia." Ucap Heru saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/06/23).

Heru menyampaikan,sebagai sebuah kota yang hampir berusia 500 tahun,Jakarta telah menunjukkan karakter dan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan.

“Saat memasuki usia ke-496,Jakarta terus berupaya menjadi kota yang tangguh,sejajar dengan kota-kota maju di dunia dan menjadi tuan rumah bagi berbagai perhelatan acara penting berskala internasional."Imbuhnya.

Heru menerangkan,setelah menyandang status sebagai Ibu Kota Negara,Jakarta akan bertransformasi menjadi Kota Global yang berperan sebagai simpul utama dalam jaringan ekonomi dunia.Jakarta memiliki dampak langsung dan nyata terhadap urusan sosial-ekonomi global.

"Prioritas pembangunan Jakarta dalam periode 2023-2026 adalah memperkuat peran Jakarta sebagai pusat pertumbuhan Indonesia.Komitmen ini tercermin dalam Cita Provinsi Jakarta, yaitu Sukses Jakarta untuk Indonesia. Dengan pengalaman sebagai Ibu Kota Negara, Jakarta diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dan berdampak bagi pembangunan di daerah-daerah lain di Indonesia."Terangnya.

Heru menjelaskan,Perayaan HUT DKI Jakarta diawali dengan Pencanangan yang melibatkan pelepasan 496 burung dan penanaman pohon sebagai simbol komitmen Jakarta dalam mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dengan berorientasi pada lingkungan.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat menyadari pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik yang modern dengan pelestarian lingkungan alam."Jelasnya.

Heru menegaskan,tema HUT DKI Jakarta ke-496 ini ‘Jakarta: Jadi Karya untuk Nusantara', dipilih untuk menggambarkan kesiapan Jakarta dalam mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan pembangunan kota dan kesejahteraan masyarakat.

"Jakarta menjadi pemacu kemajuan bagi daerah-daerah lain di Indonesia." Tegasnya

Heru mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi Jakarta tetap kondusif,menghindari provokasi dan tindakan yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban umum.

“Mari kita menjadikan perayaan HUT ke-496 sebagai kesempatan untuk memperkuat sinergi dalam upaya membangun masa depan Jakarta sebagai Kota Global yang menjadi unsur terdepan dalam kemajuan Indonesia." Tutupnya.

(Nfn/Phay)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama