Ulama Brazil dan Lebanon Hadiri Peringatan Isra' Mi'Raj dan 1 Abad NU Pesantren Daarul Haliim.


Liputan12.com BANDUNG BARAT- Dua Ulama Anggota Forum Sufi Dunia, Syaikh Muhammad Abdullah Maghribi (Brazil) dan Syaikh Riyadh Bazo (Lebanon) Menghadiri Peringatan Isra' Mi'raj dan peringatan 1 Abad NU di Pondok Pesantren Daarul Haliim. Selasa, 7 Februari 2023.

Pondok Pesantren Daarul Haliim terletak di Komplek Pondok Pesantren Daarul Haliim, Cihanjuang, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Jawa Barat. 


Kedatangan kedua ulama anggota forum sufi dunia ini disambut hangat oleh KH. Abdul Wahab, Lc, selaku pimpinan pesantren serta dewan guru, santri dan masyarakat yang hadir.

Syaikh Riyadh Bazo merupakan wakil sufi sedunia yang diketuai oleh habib Lutfi. Dalam ceramahnya dihadapan para hadirin beliau menyampaikan, Kelahiran NU didasari dari keikhlasan pendirinya, yang akan membuat NU ada terus hingga kiamat, beliau juga mendoakan Daarul haliim akan terus maju karena salah satunya berkat keihklasan para pendiri pesantren. Orang ikhlas itu seperti akar pada tanaman, lalu darinya mengeluarkan ranting, daun dan buah, terus menerus. 

Isra Mi'raj adalah "Penghibur" dari Allah ketika Nabi Muhammad SAW di tahun 'amul huzni (Tahun Kesedihan) karena ditinggal oleh Sayyidah Khadijah (Istri) dan Abu Tholib (paman). Nabi sempat ke Thoif setelah itu namun mendapatkan perlakuan yg buruk dari warga Thoif, mereka menyuruh kepada pemuda warga thoif untuk melempari Nabi dengan batu. Ibnu Haritsah juga terkena batu saat menghalau batu dan sama-sama berdarah. Beliau tidak peduli dengan hal itu namun fokus mendoakan agar warga Thoif masuk islam semuanya. Saking sedihnya hari itu malaikat jabal menawarkan untuk menghimpit warga Thoif dengan menghancurkanya tapi nabi menolaknya. 

Seandainya semua makhluk bumi menutup pintu mereka maka penduduk langit akan membuka pintu untuk Rasulullah. Dibersihkan dada rasul dengan air dari syurga dan dimasukan hikmah kedalamnya.

Malaikat tidak bisa masuk Sidhrotul Muntaha, karena akan terbakar namun rasul dengan izin Allah bisa masuk ke sana. Maka rasulullah mendekat dan tidak sedih atas meninggalnya orang yang beliau kasihi tapi sedih atas umatnya. Lalu Allah menjawab umatmu lemah dan Allah maha lathif.

Sholat adalah oleh-oleh dari Isra mi'raj, diwajibkan nya ibadah sholat ketika di langit sedangkan kewajiban ibadah yang lain di bumi. Setelah Isra mi'raj, umat nabi banyak yang mendustakan Isra mi'raj tapi ada sahabat beliau abu bakar Ash-Shiddiq yang membenarkan tentang hal itu. 

Beliau berpesan, Jagalah shalat karena yang pertama kali dihisab adalah sholat. 


Syaikh Muhammad Abdullah Maghribi menambahkan dalam hadits, Ya Rasul apa itu taman syurga ? taman syurga adalah kumpulan para pencari ilmu dan kumpulan orang yang berdzikir kepada Allah. 

Kerajaan Allah SWT mendoakan kita semua yang disini karena Allah ridho, Bahkan semua pepohonan, batu dan lainya mendoakan malaikat pun membentangkan sayapnya disini atas ridho Allah.

Peringatan 100 tahun NU merupakan tajdid fil khoir, kalian semua adalah mujaddid nya jadilah ahli teknologi, dokter, insinyur dan lainya.

Seandainya Allah meridhoi seseorang, maka Allah jadikan semua makhluk menjadi pelayan, contoh buroq tunduk pada nabi. 

Ketika Nabi Muhammad SAW Isra dari Mekkah ke mesjid Al Aqsa, Nabi Muhammad menjadi imam sholat semua nabi dan rasul. Itu adalah tanda hubungan para nabi saling menyayangi. 

Nabi Muhammad SAW adalah imamnya para nabi dan imam kitab Allah, dan umat nabi Muhammad adalah umat yang memegang bendera agama Allah, pada surat Al Isra ayat 1 menunjukkan masjid Al Aqsa akan dibebaskan oleh umat nabi Muhammad dengan 3 tanda: 

1. Orang-orang yg memiliki kekuatan dan hubungan yang dekat dengan Allah, orang yg memusuhi Islam wajahnya akan jelek, mereka akan ditampakkan. Kita harus kuat melawan mereka dengan menjadi ahli dalam semua bidang. 

2. Orang-orang tersebut akan mempunyai kekuatan untuk masuk ke mesjid Aqsa. Orang-orang tersebut akan sering ke mesjid untuk mempererat hubungan antar umat Islam. 

3. Semua akan hancur kecuali agama Allah akan abadi.

Ketika Nabi Muhammad di Shirothul Muntaha ingin memberikan salam, rasul bingung apa harus mengucapkan Assalamualaikum? Itu kan perkataan kepada sesama manusia. Maka Allah mengilhamkan kepada rasul 
التحيات المباركات الصلوات الطيبات لله 
Lalu Allah menjawab 
السلام عليك ايها النبي ورحمة الله وبركاته
Dan ketika itu rasul sangat bahagia, makhluk bumi pun menunggu apa yang dikatakan Allah, maka  rosul menjawab
 السلام علينا و على عباد الله الصالحين 

Isra mi'raj adalah mujizat terbaik, karena apabila nabi lain pergi ke langit tidak akan kembali ke bumi lagi. 

Peristiwa isra miraj adalah pelipur lara saat nabi bersedih dan hadiah sholat harus kita jaga.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama