Kecamatan Cipicung Dinyatakan Sebagai Wilayah ODF

Liputan12.com
Kuningan|Liputan12.com
Kecamatan Cipicung dinyatakan sebagai wilayah ODF (Open Defecation Free) atau bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS). 7 (tujuh) Desa tersebut telah bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarang setelah memenuhi proses verifikasi yang telah diadakan sebelumnya. Acara deklarasi dihadiri langsung Bupati Acep Purnama, kegiatan deklarasi ODF dipusatkan di Desa Cipicung Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, Rabu (25/1/2023). Ke 7 Desa ODF tersebut diantaranya Desa Cipicung, Desa Cimaranten, Desa Salareuma, Desa Suganangan, Desa Susukan, Desa Karoya dan Desa Muncangela. 

Pada kesempatan itu Bupati Acep Purnama menyampaikan deklarasi stop buang air besar di sembarang tempat atau ODF, merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju perilaku hidup yang lebih bersih dan sehat.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat, dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Acep memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih serta rasa bangga kepada kepala desa dan seluruh masyarakat Desa Cipicung, Desa Cimaranten, Desa Salareuma, Desa Suganangan, Desa Susukan, Desa Karoya dan Desa Muncangela. 

“ Dengan dideklarasikan nya 7 Desa ODF tersebut, saya ucapkan selamat ini menandakan Kecamatan Cipicung sudah 100% ODF karena 3 Desa sebelumnya sudah ODF yakni Desa Mekarsari, Desa Pamulihan dan Desa Sukamukti” terang Bupati Acep.

Menurut Bupati Acep, mereka telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.

“Saya berharap agar prestasi ini dapat dipertahankan dan berkelanjutan, agar seluruh masyarakat di desa ini tetap sehat, dengan lingkungan dan kebersihan nya yang selalu terjaga,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Cipicung , Deni Hamdani a berharap dan berpesan kepada para kepala desa, ini tidak hanya euforia deklarasi belaka, harus ada tindakan di lapangan. Ia menilai, karena sehat merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan semuanya, para kades agar terus sosialisasi dan mengedukasi warganya di mulai dari berperilaku bersih dan sehat yang disebut PHBS dan sehat di lingkungan dengan mengubah kebiasaan lama buang air besar sembarangan dan tidak sehat kepada ODF.

“Terima kasih para kepala desa semuanya, ini merupakan capaian yang patut dipertahankan. Juga terima kasih kepada petugas kesling dan puskesmas yang telah mendorong desa di wilayahnya masing-masing, sehingga total 10 desa di Kecamatan Cipicung 100 persen ODF,” pungkas Deni.

( Andri Kaperwil )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama