Surveior Akreditasi oleh LARS-DHP (Lembaga Akreditasi Rumah Sakit- Damar Husada Paripurna) tahun 2024


Banyuasin, Liputan12.com - 
Dalam upaya meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap pasien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukajadi mendapat Surveior Akreditasi oleh LARS-DHP (Lembaga Akreditasi Rumah Sakit- Damar Husada Paripurna) tahun 2024 yang merupakan salah satu lembaga Independen penyelenggara penilaian survey akreditasi. 

Ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuasin untuk meningkatkan derajat pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Banyuasin, sekaligus untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan perbaikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan di RSUD Sukajadi kedepan.

"Ketika ini akan mendapatkan akreditasi Paripurna, maka kita akan lebih baik lagi dengan memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat. Ini juga upaya pemerintah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, kita akan berusaha terus menjaga yang terbaik bagi masyarakat," Ujar Pj. Bupati Banyuasin saat diwawancara di RSUD Sukajadi, Rabu (27/03).

Pada kesempatan tersebut, Dr. Hj. Makiani S.H.,M.M.,MARS selaku Ketua PERSI menuturkan, Kegiatan kami hari ini menjalankan survey perintah dari lembaga akreditasi ke RSUD Sukajadi untuk melihat apakah standar akreditasi rumah sakit sudah diterapkan di rumah sakit ini, dan hasilnya akan di laporkan ke Kementerian Kesehatan untuk di tetapkan lulus atau tidak.

"Kalau lulus bisa bekerjasama dengan BPJS /KIS, tapi kalau tidak lulus mengulang lagi. Tiga bulan bisa remedial, tapi harus dilengkapi dulu standar yang belum lengkap. Tadi sudah kami sampaikan kekurangan yang harus dibantu oleh Pak Pj. Bupati, seperti bantuan SDM alokasi ditambahkan karena disini kemampuan Direktur pastinya terbatas, kita minta dibantu sarana dan prasarana karena rumah sakit ini punya kekuatan berada di jalan lintas utama," Terangnya.

Jika ini dikembangkan, dan didukung SDM, pelatihan, serta sarana dan prasarana yang memadai, Pihaknya optimis dengan sendirinya masyarakat Banyuasin khususnya akan datang ke RSUD Sukajadi.

Sementara itu, Direktur RSUD Sukajadi, dr. Bethania Samboe, menambahkan, Kedatangan dari surveior akreditasi LARS-DHP ke RSUD Sukajadi untuk pemeriksaan dokumen dan menelusuri ruangan. Di temukan beberapa kekurangan yang sudah dilaporkan kepada Pj. Bupati selaku pemilik RSUD untuk ditindaklanjuti.

'Alhamdulillah pak Pj merespon positif karena memang tujuan dari akreditasi ini adalah perbaikan mutu Rumah Sakit, tadi sudah ada beberapa solusi dari bapak Pj yang akan dilaksanakan untuk membantu perbaikan-perbaikan di rumah sakit ini," Ulasnya.

Dr. Bethania berharap yang terbaik untuk RSUD Sukajadi karena memang tujuannya untuk memberikan pelayanan yang bermutu, dan bisa diakses oleh masyarakat banyak. Serta memberikan pelayanan profesional kepada masyarakat Banyuasin, dan juga masyarakat di Talang Kelapa. 

Pelaksanaan Surveior Akreditasi LARS-DHP tahun 2024 di RSUD Sukajadi ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam SH.,MH, didamping Sekda Bayuasin Erwin Ibrahim ST.,MM., M.BA IPU, Surveior Akreditasi oleh LARS-DHP, Dr. Hj. Makiani S.H.,M.M.,MARS, dan Henny Agustina S.Kep.,Ns. Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, Dr. dr. Rini Pratiwi, M. Kes, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin, Dr. H. Salni Pajar, S. Ag., M. Hi, Direktur RSUD Sukajadi, dr. Bethania Samboe, dan Camat Talang Kelapa, Salinan, S. Sos., M. Si. (Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama