"PASAR". menjelang Ramadhan dan ditengah Cuaca ekstrim.

Palembang, liputan 12.com.
Menjelang datangnya bulan Ramadhan 1445 H.yang tinggal beberapa hari lagi,
Umat muslim khususnya disibukkan dengan beberapa macam kegiatan untuk menyambut bulan puasa tersebut.

Hal yang biasa dilakukan seperti berziarah ke makam,bersedakah dibulan syaban (sedekah ruwah),dan berbelanja bahan pokok untuk persiapan bulan Ramadhan.

Palembang,5/3/24.
Seperti pantauan kegiatan di salah pasar tradisional yang berada di jalan jendral Sudirman Palembang, tepatnya di pasar KM.5.
Aktivitas pasar mulai ramai,padat, meskipun Beberapa Minggu ini kota Palembang selalu di guyur hujan dengan intensitas tinggi,baik pagi,siang atau malam.
Namun minat belanja kebutuhan pokok,masih sangat tinggi seiring dengan kegiatan menyambut bulan suci Ramadhan.

Masyarakat muslim tidak lagi memperdulikan faktor cuaca,dan ditambah lagi harga harga bahan pokok, seperti beras,gula, terigu, telur,lauk pauk dan sayuran mulai merangkak naik dan menghimpit ekonomi.

Padahal seperti yang terungkap dimedia, Bahwa menjelang bulan Ramadhan, pemerintah banyak melakukan operasi pasar untuk menyokong ekonomi masyarakat, Namum hal tersebut sulit ditembus, masyarakat masih sulit dan mahal mendapatkan bahan pokok.

Apalagi pasca pemilu, sepertinya perhatian pemerintah sedikit berkurang akan situasi ekonomi masyarakat,dan sebentar lagi akan ada pilkada serentak yang juga pasti menguras perhatian pemerintah.

Memang hal ini sudah menjadi tradisi di Indonesia, menjelang bulan Ramadhan,harga sembako dan kebutuhan pokok lainya, dipastikan naik.
Karena tidak sebanding nya ketersediaan barang dan permintaan pasar.
Namun situasi semacam ini,tidak mempengaruhi minat daya beli masyarakat muslim untuk menyambut bulan Ramadhan.
Belum lagi komiditas lainya nanti menjelang hari raya idul Fitri,yang sudah dipastikan kegiatan perekonomian melonjak,seiring dengan kebutuhan masyarakat muslim merayakan hari raya idul Fitri.

Bukan lagi kenaikan harga, namun sudah berganti harga, hingga naik sampai tiga ratus persen.

Untunglah situasi politik dan keamanan Pasca Pemilu 2024, yang lalu masih dalam keadaan kondusif.
Sehingga tidak menambah situasi yang buruk menjelang bulan Ramadhan dan Idhul Fitri mendatang.

Tentunya harapan masyarakat,dalam rangka melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dan merayakan hari raya idul Fitri, situasi ekonomi, sosial,dan keamanan tetap normal dan kondusif.
(Purwondo Palembang)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama