Bimtek Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah Dalam Pelayanan Percepatan Transformasi Sekolah

Palembang, Liputan12.com -
Penguatan kapasitas Kepala Sekolah dalam pelayanan percepatan transformasi sekolah yang diselenggarakan oleh Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kota Palembang, yang di gelar di Hotel Sintesa Peninsula jalan Residen Abdul Rozak Palembang, Senin (19/02/2024).

Bimbingan teknis Peningkatan kapasitas Kepala Sekolah dalam pelayanan percepatan transformasi sekolah ini dilaksanakan oleh bidang pembinaan guru dan tenaga kependidikan Dinas Pendidikan Kota Palembang, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di kota Palembang.

"Kita tahu bahwa kebijakan Merdeka belajar muaranya adalah memberikan dan mewujudkan pendidikan berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia, jadi Oleh karena itu sekolah sebagai Garda terdepan yang dipimpin oleh Kepala Sekolah perlu diselaraskan dengan visi pendidikan kita dengan visi dan misi Dinas Pendidikan Kota Palembang," Ujar Drs. Maju Partogi Simanjuntak M.Si selaku Ketua Pelaksana dari bidang pembinaan guru dan tenaga kependidikan.

Kegiatan bimbingan teknis atau pelatihan kepada kepala sekolah dari jenjang TK, SD, dan SMP terbatas untuk 150 orang peserta yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari hari Senin 19 Februari sampai dengan Rabu 21 Februari 2024.

"Kita berharap dengan kegiatan ini, Kepala Sekolah akan mendapatkan informasi, masukan-masukan terkait dengan transformasi satuan pendidikan," Harapnya.

Menurut Kasi GTK SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang , Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Kepala Sekolah dalam mengajak seluruh Insan di sekolah masing-masing untuk melakukan peningkatan kualitas pendidikan. Transformasi yang pertama, Bahwa pembelajaran itu harus berpusat kepada murid, artinya kita harus tau murid adalah insan yang punya keunikan tersendiri.

"Perbedaan dalam hal genetik maupun bakat dan minat, sesuai dengan apa yang dianugerahkan Tuhan kepadanya. Dan juga dipengaruhi oleh orang tua maupun sekelilingnya, sehingga sebagai seorang guru harus mampu memberikan pembelajaran yang terdiferensiasi sesuai dengan bakat dan minat anak tersebut," Ulasnya.

Transformasi yang kedua adalah, sekolah harus memberikan layanan pendidikan yang nyaman, aman, dan inklusif, artinya sekolah itu menjadi rumah kedua bagi anak-anak dan inklusif. Kita harus bisa melihat berbagai perbedaan anak, baik itu anak yang cerdas istimewa, berbakat istimewa, maupun anak-anak yang berkebutuhan khusus, semuanya bisa diberikan layanan pendidikan inklusif di satuan pendidikan umum.

"Perubahan transformasi yang ketiga, diharapkan Kepala Sekolah melakukan perencanaan berbasis data, artinya program-program sekolah harus dilaksanakan berbasis rekomendasi rapor pendidikan. Kita tahu bahwa Kemendikbudristek telah meluncurkan rapor pendidikan 2 tahun terakhir ini, jadi sekolah dapat melihat rapor pendidikannya, artinya apa yang harus diperbaiki, apa yang harus ditingkatkan, inilah yang menjadi perhatian Kepala Sekolah di dalam merencanakan program-program tahunan di sekolah masing-masing," Terangnya.

Setelah semua poin-poin transformasi ini disampaikan, Pihaknya berharap Kepala Sekolah menjadi agen transformasi di sekolahnya, mengajak guru, tenaga kependidikan untuk melakukan layanan pembelajaran yang berkualitas, sehingga semua anak akan mendapatkan layanan pendidikan berkualitas sesuai dengan visi pendidikan Indonesia, memberikan layanan pendidikan berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia.

"Inilah tujuan utama dilakukannya kegiatan ini, kita sengaja mengundang narasumber ahli utama dari Direktorat Kepala Sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan Direktur Jenderal guru, serta tenaga kependidikan Kemendikbudristek dan juga Ibu Marcella josepin tim gtk 01 Kemendikbudristek ditambah narasumber dari lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang," Ungkapnya.

"Kami berharap dengan narasumber nasional dan juga narasumber dari kota Palembang ini, mudah-mudahan nanti dapat memberikan informasi seluasnya kepada Kepala Sekolah, sehingga diharapkan ada peningkatan kapasitas Kepala Sekolah dalam melaksanakan transformasi sekolah yang dapat mendorong transformasi seluruh satuan pendidikan di kota Palembang, mewujudkan pendidikan berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia yang dipercayakan belajar, dipercayakan menjadi murid di sekolah-sekolah yang ada di kota Palembang," tutupnya.

(Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama