Peduli Stunting, Babinsa Karanggupito Bersama Bidan Desa Berikan Bantuan Vitamin.

Ngawi, Liputan12.com - Babinsa Karanggupito Koramil 0805/ 09 Kendal Kodim 0805/ Ngawi Sertu Martono melaksanakan pendampingan kegiatan pendataan Balita Stunting dan Bantuan Vitamin di Desa Karanggupito Kec. Kendal Kab. Ngawi. Sabtu (26/08/2023).

Melihat hal itu Babinsa Karanggupito dan Bhabinkamtibmas bersama Bidan Desa serta Kader Posyandu mendatangi Balita yang di indikasikan stunting guna memberikan Bantuan serta pemahaman penjelasan untuk orang tua supaya paham dan mengerti apa itu stunting.

Bidan Suhartini menjelaskan cara terbaik yang perlu di lakukan untuk mencegah stunting di mulai sejak calon Ibu sebelum menikah harus memahami dan mendapatkan pengetahuan tentang perencanaan kehamilan,dan kesehatan.

Selanjutnya setelah menikah dan hamil, bayi dalam kandungan janin perlu di berikan asupan gizi yang baik dan seimbang serta memperhatikan pemeriksaan kesehatan ibu selama masa kehamilan untuk memastikan berat badan Ibu sesuai dengan usia kehamilan. "Jelasnya. 

Ia menambahkan Stunting adalah gangguan pertumbuhan dimana tanda tanda diantaranya adalah Anak tidak tumbuh gigi seperti anak seusianya, pertumbuhan lambat atau kerdil karena kekurangan gizi dalam jangka waktu panjang, tanda lainnya anak memiliki tubuh kurus atau perkembangan tubuhnya tidak normal sesuai dengan usianya.

Karena stunting ini selain pertumbuhan terhambat, juga berkaitan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal, bisa menyebabkan akademis yang kurang."imbuhnya.

Kegiatan Babinsa dalam pendampingan stunting ini merupakan salah satu bagian dari teritorial program TNI AD dalam upaya membantu Masyarakat bebas dari gizi buruk serta mengurangi jumlah anak yang kekurangan gizi khususnya di pedesaan,"Pungkas Sertu Martono,

(PenDim/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama