Ormas Permabes DPC Kabupaten Sukabumi Gelar Jalan santai serta Penampilan Seni Budaya Peringatan HUT RI ke 78.

Sukabum, Liputan12.com - 
Penampilan Seni dan Budaya mewarnai kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-78, yang digelar organisasi masyarakat Permabes ( Persatuan Masyarakat Betawi ) Sunda DPC Kabupaten Sukabumi, di Markas
Permabes, Kampung Gunung Sumping, RT 04 RW 05, Kecamatan Palabuhanratu. 
Minggu,(27/08/2023)

Pantauan di lapangan Kurang lebih 600 Orang Terdiri dari Masyarakat sekitar berbaur dengan Anggota Ormas Permabes mengikuti Jalan santai yang dilanjutkan acara Hiburan dengan penampilan Seni Budaya.

Salah Satu Kesenian Budaya Peringatan ang menarik perhatian yaitu Atrasi Debus dan ketangkasan yang di lakukan Oleh Anggota Permabes di Komandoi Pupu Sumarwidjaya selaku Ketua DPC Permabes Kabupaten Sukabumi.

Ketua DPC Permabes Palabuhanratu, Pupu Sumarwidjaya mengatakan, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari jalan santai, santuan kepada anak yatim, pentas seni dan budaya serta hiburan lainnya. 

"HUT Kemerdekaan RI ke 78 dihadiri ranting dan PAC serta masyarakat, sehingga sangat meriah," ujar Pupu kepada wartawan, Minggu (27/08/2023). 

Apalagi dalam kegiatan jalan santai ini, 1000 kupon semua habis oleh para peserta dengan berbagai hadiah yang menarik. Di sisi lain Pupu menegaskan, momentum HUT RI ini untuk merekatkan sinergitas Permabes dengan masyarakat. 

 "Tujuannya adalah untuk bersinergi dengan masyarakat, bersatu untuk Sukabumi maju. Jadi tidak hanya warga Palabuhanratu saja, masyarakat dari luar juga ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 78," ungkapnya. 

Pupu menegaskan, dalam kegiatan tahunan ini sengaja menampilkan berbagai seni dan budaya. Mulai dari pencak silat, seni debus, dan lainnya untuk melestarikan seni dan budaya, sehingga tidak tergerus oleh jaman. 

"Kebetulan kita organisasi kemasyarakatan dan lahir dari masyarakat. Jadi selain kontrol sosial, kami juga termasuk pelestari seni dan budaya terutama di bidang seni dan budaya sunda. Makanya, setiap ada event kita selalu menampilkan seni dan budaya," cetus nya. 

Ia juga berpesan, kepada seluruh masyarakat dan anggotanya agar pada momentum HUT RI ini dapat menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI. "Jangan sampai keutuhan NKRI dan kesatuan kita terpecah belah," tandasnya. 

Sementara itu, warga sekitar, Nedi Junaedi menyambut baik dengan kegiatan Permabes yang telah membangun kebersamaan pada momentum HUT Kemerdekaan RI ini. 

"Sangat baik sekali, kedepan Permabes semoga lebih baik lagi dan ada kegiatan yang lebih mantap.Permabes dari masyarakat jadi mereka berbaur dengan masyarakat dan itu yang saya salut itu dari warga," singkatnya.

Hadiah utama Yang di sediakan Panitia berupa Kulkas di raih oleh Nenk EVOT warga Babadan RT 02 RW 30 Kelurahan Palabuanratu.

Jurnalis : ismet

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama