Menjaga Kelestarian dan Ekosistem Laut, Danlanal Ketapang bersama Stakeholder lepas Tukik.

Katapang Kalbar (liputan 12 com,

"Di Pantai Pulau Cempedak, Desa Kendawangan Kiri, Kec. Kendawangan, Kab. Ketapang, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ketapang, Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr. Opsla bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, BPSPL Pontianak, PSDKP Kab. Kayong Utara, PSDKP Kab. Ketapang, YIARI, Yayasan WeBe Konservasi Ketapang, Mapala SMKN 1 Kendawangan, Pokdarwis Dusun Pulau Cempedak melaksanakan pelepasan anak Penyu atau Tukik ke habitat asalnya, Sabtu (10/06/2023). 
Penyu merupakan salah satu biota laut yang dilindungi karena populasinya sudah terancam punah, kegiatan Konservasi merupakan salah satu cara untuk menjaga kelestarian habitat penyu di Indonesia, kesadaran masyarakat mempunyai peran penting untuk menjaga kelestariannya. 

Danlanal mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bersama Stakeholder Kemaritiman lainnya dalam upaya pelestarian dan kepedulian kita semua dalam menjaga biota laut yang dilindungi untuk mencegahnya dari kepunahan. 

"Pelepasan Tukik yang kita lakukan di Pantai Pulau Cempedak sebagai bentuk kepedulian TNI AL dalam hal ini Lanal Ketapang untuk semua satwa atau biota yang ada di laut, salah satunya penyu yang dilindungi,” ungkapnya. 
Lebih lanjut Danlanal Ketapang mengatakan "Kami berharap dan mengajak masyarakat serta Stakeholder lainnya agar bersama-sama menjaga dan melestarikan penyu, hanya dengan membiarkan penyu hidup dilaut dan tidak merusak habitatnya adalah merupakan salah satu upaya untuk melestarikan penyu”. tutupnya.(Dispen Lanal Ketapang)

Red(***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama