TPU LAGU BOTI,DITERANGI LILIN,"DALAM IBADAH SUBUH".

PEMATANG SIANTAR - LIPUTAN 12 - Ibadah Subuh (Buha Buha ijuk) dilakukan ummat Kristiani yang sedang memperingati paskah. Dengan pemasangan lilin di atas makam, sebagai simbol kebangkitan sang juru selamat (Kristus), pada hari Minggu (9/4/2023) Subuh.

Tradisi menyalakan lilin ke makam menunjukkan jika yang hidup dengan para keturunan dan leluhur yang telah mendahului tidak terpisahkan.

Cahaya api kecil menghiasi tempat pemakaman umum (TPU) kuburan lama dan kuburan baru kampung Kristen, tepatnya di Jalan Laguboti dan Jalan Parsoburan kota Siantar.

Dengan pemasangan lilin oleh masyarakat yang sedang ziarah, suasana TPU ummat Kristen di sejumlah Kota Siantar terlihat terang. Dari pantauan awak media Liputan 12 di lokasi TPU, bukan hanya cahaya lilin namun lagu puji-pujian rohani juga terdengar dari masyarakat yang sedang ziarah.

Seperti dituturkan salah seorang warga bermarga Situmorang yang sedang ziarah, ia dan keluarga merasakan suka cita atas hari paska ini.

" Kami bersuka cita karna Yesus telah bangkit dan naik ke surga " katanya di TPU kuburan lama jalan Laguboti.

Selanjut para penziarah akan menutup acara dengan berdoa untuk mengucapkan syukur atas kebangkitan Isa Al-Masih dan pengampunan dosa.

[ P.M / Kabiro Pematang Siantar ]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama