Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Peringati Hari Amal Bakti Ke-77 Tahun


Kuningan- Liputan12.com

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Memperingati Hari Amal Bakti Ke-77 Tahun Kementerian Agama tingkat Kabupaten Kuningan di Lapangan Pandapa Paramarta, Selasa (3/12/2020).

Bupati Acep Purnama dalam kesempatan membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa patut disyukuri karena hari ini kita bisa memasuki tahun baru 2023, namun bagi insan kementerian agama, setiap pergantian tahun selalu memiliki Makna khusus. Dimana di awal tahun ini diperingati hari amal bakti ke 77 yang diajak untuk mengenal, meresapi arti lahirnya kementerian agama sejak 1986 yang dulu bernama Departemen Agama.  Pada peringatan hari ini, dirinya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat, dan menjadi Hari Bakti Amal kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Tahun lalu di gelorakan semangat transformasi layanan umat secara bertahap, cita ini telah terwujud dan tampak hasilnya.  kini kemenag terlihat berubah, birokrasi nya, lincah dan responsif salah satunya dengan hadirnya Pusaka Super Apps. Beragam inovasi Digital terus dilakukan mulai pusat hingga daerah. Semua ini adalah upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Bukti bahwa kemenag telah berubah adalah diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/lembaga Publik dimana diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun lalu.

Pada Hari Amal Bakti Tahun 2023 ini, dicanangkan Tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat, hal ini adalah tugas berat yang diamanatkan bagi seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat Fluktuatif  dan dinamis, dan sering diuji lebih lebih dalam menghadapi Pemilu 2024 nantinya. Kerukunan juga adalah prasyarat pembangunan Nasional, Pembangunan membutuhkan stabilitas dan dapat terwujud bila masyarakat rukun dan damai di tahun politik ini, politisasi agama yang sering dilakukan untuk meraih efek elektoral, penggunaan politik identitas harus di mitigasi agar tak mengganggu kerukunan umat.  Keluarga Kementerian Agama, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat, harus tertib dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian sesungguhnya. Untuk itu Semangat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kemenag ujarnya. ASN Kemenag diminta tak menjadi partisan  apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman  pilihan. ASN Kemenag harus menjadi simbol kerukunan dan persaudaraan dan diyakini bahwa  kerukunan umat akan mengantarkan menuju Indonesia hebat.

Ditambahkan nya, bahwa sejak tahun sebelumnya sebagai bentuk apresiasi kepada pengabdian negara, maka telah diajukan ke presiden 10.073 pegawai negeri kemenag. Presiden juga memberikan Penghargaan Satya lencana kepada ASN Kemenag sehingga memberikan semangat dalam bekerja.

Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama tingkat Kabupaten Kuningan ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama,  H. Tarmizi Tohor, Pejabat Forkopimda Kabupaten Kuningan, Wakil Bupati Kuningan, Ketua MUI Kuningan, Para mantan kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, Para Tokoh agama, Para ASN dan PPNPNS Kantor Kemenag Kuningan serta tamu undangan lainnya .

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan pada Upacara HAB ke 77 diantaranya : Penyematan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya Oleh Bupati Kuningan, Pemberian Tanda Mata bagi Para Pensiunan Kementerian Agama Kabupaten Kuningan Tahun 2022, Penyerahan Sertifikat, Piala Pertandingan Olahraga dan Lomba-lomba HAB ke 77 dan berikut sejumlah penyerahan lainnya di bawah ini : 

Pemberian Penghargaan Kementerian Agama RI, Kepada :

Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan  atas kerjasama dan prestasinya dalam penyelesaian Sertipikat Tanah-tanah wakaf di Kabupaten Kuningan.
Kementerian Agama Kabupaten Kuningan atas keberhasilan pendampingan  dalam Percepatan Penyelesaian Sertipikasi Tanah-tanah wakaf di Kabupaten Kuningan.
Pemberian Sertifikat Penghargaan Kepada KUA Kecamatan terbaik dalam pengadministrasian dokumen wakaf :
KUA Kecamatan Cigugur,
KUA Kecamatan Ciawigebang ,
KUA Kecamatan Darma.
Sertifikat diberikan langsung oleh Direktur Pemberdayaan Zakat Wakaf Kemenag RI (Bpk Tarmizi Tohor,.MA.), didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kuningan ( Drs.H Ahmad Handiman  Romdoni,.M.Si ) dan Kasi Penyelenggara Zakat Wakaf Kab.Kuningan (Hj.LUSI APRIANI,S.Kom,.M.Si.).

Penyerahan Sertipikat Wakaf Secara Simbolis kepada Nazir :
K. JUNED  Desa Cibulan Kec.Cidahu,
H. EBO BUCHORI M Desa Taraju, Kec.Sindangagung
H. WARTUM, SUSILO Desa Garawangi, Kec.Garawangi         
SODIKIN, S.Pd  Desa Kutamandarakan Kec. Maleber,
DEDE SULAEMAN  Desa Jagara Kec. Darma,
Sertifikat Wakaf diserahkan oleh Bupati Kuningan di dampingi oleh Kepala Kemenag Kab.kuningan, Kepala Kantor Pertanahan Kab.Kuningan dan Penyelenggara Zakat Wakaf Kab.Kuningan.

Di penutup acara, Bupati Acep Purnama juga mendapatkan penghargaan dan Apresiasi atas dukungan Program-Program Keagamaan di Kabupaten Kuningan dari Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke – 77. 

Bupati Acep menyampaikan di hari Amal Bhakti ini dapat menjadikan momentum Kemenag Kabupaten Kuningan semakin mempererat hubungan antar umat beragama.

“Kegiatan ini sangat baik, bisa mempererat silaturahmi antar umat beragama di Indonesia terkhusus di Kabupaten Kuningan.pungkasnya.

( Andri Kaperwil )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama