Ngawangkong di Pendopo, Sarana Menampung Aspirasi Masyarakat Kuningan


Kuningan-Liputan12.com

Bupati Kuningan, Acep Purnama, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda bersama Pejabat Forkopimda, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, dan jajaran pimpinan SKPD, Para Camat di lingkup Pemkab Kuningan, para Kabag di lingkup Setda Kabupaten Kuningan, awak media serta undangan lainnya hadir kompak dalam acara NGAWANGKONG DI PENDOPO “Sarana Menampung Aspirasi Masyarakat Kuningan” yang digelar Bagian Protokol Komunikasi dan Dokumentasi Pimpinan (PROKOMPIM) Setda Kuningan bekerjasama dengan Stasiun Radio di Kabupaten Kuningan , Sabtu (31/12/2022).

Kegiatan NGAWANGKONG merupakan salah satu program dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat dan sarana sosialisasi hasil pembangunan melalui radio.  Juga termasuk upaya dalam mendorong partisipasi masyarakat sehingga diharapkan dapat terciptanya komunikasi yang membangun antara masyarakat dan pemerintah. 

Acara tersebut disiarkan langsung oleh 7 (tujuh) stasiun penyiaran media partner pemkab kuningan diantaranya Radio Kuningan FM, Tazkia FM, Rasilima FM, Rasuci FM, Megaswara FM, Kos FM dan Ewangga FM. Selain di relay melalui siaran radio, acara ngawangkong juga disiarkan melalui siaran stream zoom dan membuka layanan hotline telepon dan whatsapp untuk interaksi dengan para penonton dan pendengar. Kepala Desa Se-Kabupaten Kuningan, Yang Hadir Melalui Zoom Meeting Yang Dipimpin Oleh Para Sekretaris Kecamatan. Para Pimpinan Bumn/Bumd, Dan Masyarakat Yang Mendengarkan Melalui Radio.

Bupati Acep mengatakan dalam sambutannya, saat ini kita berada di penghujung tahun 2022 dan beberapa jam lagi kita akan menghadapi tahun 2023 yang penuh dengan tantangan. alhamdulillah, pada tahun ini juga merupakan tahun ke-4 masa kepemimpinan saya selaku Bupati Kuningan Dan Bapak H.M. Ridho Suganda Selaku Wakil Bupati.

Beragam dinamika dan tantangan telah selesai kita lewati bersama-sama dan merupakan bekal pada satu tahun ke depan untuk menuntaskan Visi Misi Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Yang Telah Kita Usung Bersama-Sama Sejak Tahun 2018.

Namun bukan tanpa halangan, proses tata kelola pemerintah yang kita pimpin selama 4 tahun terakhir, mengalami pasang surut dan batu yang terjal. dimana pandemi covid-19 yang tak di duga-duga datang kepada kita semua, telah meluluhlantakkan semua sendi kehidupan. utamanya dari segi ekonomi sehingga anggaran kita yang sudah terbatas, kita alokasikan terlebih dahulu untuk menghadapi pandemi tersebut.

Dengan kerja keras kita bersama, dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, dibantu juga dengan kepatuhan masyarakat menghadapi pandemi covid-19, hari ini kita bisa berdamai dengan gelombang penyakit tersebut. dan sesuai dengan anjuran pemerintah yang mengatakan pandemi ini akan menjadi endemik di tahun depan, hal tersebut menjadi momentum kebangkitan kita dalam memandang hari-hari kerja ke depan dengan penuh semangat.

Lanjut Bupati Acep, dengan tahapan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuningan 2018-2023 dan sesuai dengan misi kuningan maju yang ke-lima, yaitu mewujudkan pemerataan infrastruktur untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan kerja dalam lingkungan yang lestari diantaranya melalui percepatan peningkatan ekonomi, investasi dan pengembangan wilayah melalui pembangunan infrastruktur, rehabilitasi dan aksesibilitas pendidikan; percepatan sektor pertanian dan pariwisata; serta peningkatan produktivitas umkm dan lapangan kerja.

Untuk peningkatan ekonomi, investasi dan pengembangan wilayah melalui pembangunan infrastruktur, pemerintah kabupaten kuningan terus mendorong upaya peningkatan infrastruktur strategis dan peningkatan infrastruktur juga ditujukan untuk peningkatan akses pada area-area produktif seperti sentra pertanian dan pariwisata.   

Kedepan, kita akan dihadapkan pada kondisi bonus demografi, hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kita bagaimana menciptakan lapangan kerja, meningkatkan investasi agar tenaga kerja yang ada di kabupaten kuningan dapat terwadahi sesuai kompetensi yang dimiliki.

“ Beberapa hari lagi kita akan menghadapi tahun 2023 sebagai tahun terakhir masa kepemimpinan acep-ridho. masih banyak target dan harapan yang perlu kita wujudkan di hari-hari mendatang. untuk itu, saya dan pa ridho berkomitmen untuk selalu mewujudkan apapun yang belum sepenuhnya kita penuhi” ucap Bupati.

Namun kita masih memerlukan dukungan, doa dan kolaborasi dari berbagai stakeholder untuk mencapai apa yang kita harapkan. dengan kebersamaan membuat kita kuat, dengan kebersamaan membuat kita maju. kuningan bukan milik kita hari ini, tetapi kuningan merupakan milik anak cucu kita yang harus kita jaga dan wariskan kedepan. untuk itu, kita harus membangun yang terbaik, agar anak cucu kita dapat memetik apa yang telah kita bangun pada hari ini.

Melalui kesempatan yang baik ini, di penghujung tahun 2022, mari kita berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam hidup kita. setiap dari kita memimpin perubahan dari segala bidang yang kita geluti. 

“ Bagi para tenaga pendidik agar senantiasa memberikan inspirasi, meneruskan ilmu pengetahuan dan membekali peserta didik kita dengan budi pekerti yang luhur. mempersiapkan sdm muda-mudi kita menjadi sdm berkualitas di masa mendatang. Bagi para pedagang, agar selalu bersemangat untuk menjajakkan dagangannya, ciptakan pasar seluas-luasnya dengan berbasis teknologi, sehingga ekonomi terus berputar dan kita bisa mewujudkan ketahanan ekonomi. bagi para insan medis agar selalu menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan. Sehingga terciptanya lingkungan kuningan yang sehat dan lestari. Bagi para petani agar dapat menghasilkan hasil panen terbaik, menjaga ketahanan pangan sehingga kita bisa berswasembada pangan. dan apapun profesi kita, selalu berkomitmen untuk menggali potensi dalam diri sendiri untuk berkolaborasi dalam kemajuan daerah” tutur Acep.

Semoga resolusi kita di tahun 2023 dapat terwujud sesuai dengan yang kita harapkan. yakni tercapainya kuningan maju, yang makmur, yang agamis, dan yang pinunjul berbasis desa. karena kelak, lilin-lilin di desa yang terang benderang inilah yang akan mengantarkan kemajuan daerah seperti yang kita cita-citakan, harap Acep.

Dalam acara tersebut dilaksanakan juga Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Kegiatan Tahun 2022 oleh Bupati Kuningan dengan sejumlah SKPD diantaranya  Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kuningan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Kabupaten Kuningan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, dan terakhir Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan.

Setelah itu dilanjutkan juga dengan peresmian proyek kegiatan tahun 2022 ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati H. Acep Purnama di saksikan Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda bersama Pejabat Forkopimda, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar serta tamu yang hadir.

( Andri Kaperwil )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama