Pemdes Kawu Bersama Bank Jatim Salurkan BLT - DD Tahun 2024 Kepada 10 KPM

Ngawi, Liputan12.com - Pemerintah Desa Kawu Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi menggelar acara penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebanyak 10 Keluarga Penerima manfaat(KPM) Tahun 2024, Kegiatan ini dimulai pukul 09.45WIB sampai selesai di Aula desa Gemarang , Pada hari Rabu (27/03/2024).

Perlu untuk diketahui, Pemerintah menetapkan aturan baru yang membuat penerima BLT DD Tahun 2024 sama seperti Tahun sebelumnya, para penerima BLT DD Tahun 2024 akan mendapatkan bantuan pertama sebesar Rp 900.000,-(Sembilan Ratus Ribu Rupiah) dari bulan Januari, Februari dan Maret.

Akan tetapi, dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) PMK 146 Tahun 2023 yang dijadikan sebagai landasan mutlak bagi Desa dalam mengelola Dana Desa Tahun 2024 sesuai dengan pasal 17 bahwa calon keluarga penerima manfaat (KPM) BLT - DD sebagaimana maksud di atas ialah keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, seperti mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis dan atau difabel, tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan, atau rumah tangga dengan anggota rumah tunggal lanjut usia.

Saat menyampaikan sambutannya, Kepala Desa Kawu Ali Impron mengatakan, "sesuai dengan aturan yang terbaru bahwasanya penerima BLT DD ini harus warga yang miskin ekstrim, maka warga yang berhak menerima bantuan tersebut ada sebanyak 10 Penerima Manfaat (KPM). Dengan adanya penyaluran BLT DD sebanyak tiga bulan sekaligus untuk bulan Januari - Maret dengan jumlah Rp.900.000,- ( Sembilan ratus ribu rupiah).

Harapannya, Masyarakat penerima bantuan bukan hanya memberikan bantuan finansial , Tetapi juga menjadi pemicu semangat dan dorongan positif dan menjadi langkah nyata untuk mendukung pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat, Tandasnya.

Mbah Domo, Penerima bantuan pada saat ditemui awak media mengatakan, Sangat bersyukur dan senang menerima bantuan ini. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah desa. Bantuan ini akan saya pergunakan untuk membeli kebutuhan keluarga terutama bahan pokok seperti beras, Minyak goreng, telur dan kebutuhan lainya dengan raut wajah bahagia, Ucapnya

(Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama