Penting nya Peran Tenaga Kesehatan Bagi Masyarakat .


Liputan12.com-Sukabumi.
Bahwa kita sadar kesehatan sangatlah penting dalam kehidupan manusia,maka dari itu ketika kita memerlukan pelayanan kesehatan pastinya di butuhkan tenaga kesehatan dan fasilitas seperti tempat praktek.oleh karena itu pelayanan kesehatan merupakan penanganan pertama yang diharapkan oleh masyarakat luas khususnya masyarakat sekitar yang jauh dari Pusat kesehatan seperti,Rumah Sakit.

Namun kendala yang terjadi adalah sering kali Rekomendasinya tak keluar dan SIP tidak bisa diterbitkan, padahal SIP sangat dibutuhkan, terutama bagi dokter,Bidan,Perawat maupun tenaga kesehatan lainnya yang akan bekerja di daerah. Lalu, kapan kita punya layanan kesehatan yang lebih baik dan terjangkau oleh masyarakat yang ingin berobat dan memeriksakan kesehatannya.

Seperti yang tertuang dalam Permenkes 26 tahun 2019 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang Undang No 38 Tahun 2014,dimana disebutkan tugas dari perawat yang menyelenggarakan praktik keperawatan adalah memberikan asuhan keperawatan, melakukan penyuluhan serta sebagai konselor bagi klien, mengelola pelayanan keperawatan, melakukan penelitian keperawatan, sebagai pelaksana tugas sesuai dengan pelimpahan wewenang dan sebagai pelaksana tugas dalam keadaan darurat tertentu. 

Salah satunya Dermawan S,Kep NIP.198203262008011003 tenaga kesehatan seorang perawat yang bertugas di RSUD Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi sejak bulan Maret tahun 2024.dengan membuka praktek keperawatan sangat di butuhkan bagi masyarakat sekitar. untuk, memberikan pertolongan pertama seperti promotif, preventif dan Rehabilitatif bagi pasien nya karena daerah nya sangat jauh dari Rumah sakit.

Tanggapan positif pasien sebut saja Hadi (51) warga Sukatani RT 03/RW 03 yang berobat ke tempat praktek ke perawatan Dermawan S,Kep Rabu.(31/05/2023) dengan adanya tenaga kesehatan ini sangat membantu. kalau sakit saya sering berobat ke tempat ini terutama,pelayanannya sangat baik,ramah, obat-obatan nya juga cocok di tambah masalah tarif tidak mahal apa lagi bagi yang tidak mampu tidak di kenakan biaya seikhlasnya dan kamipun merasa terbantu dengan adanya praktek kesehatan ini"jelasnya.

Senada dengan ibu Ade (50) warga Cihaur RT 02/RW 08.Kenapa saya pilih berobat ke sini karena Obat nya cocok dan sangat murah begitupun pelayanannya ramah kami sebagai masyarakat biasa sangat terbantu sangat senang"tuturnya.

Ketika di konfirmasi ditempat praktek nya kp.marinjung Desa Karang papak Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi.terkait STR Dermawan S,Kep.yang bertugas di RSUD Palabuhanratu. menjelaskan " sudah mengajukan perpanjangan STR untuk mendapatkan SIP. sekarang masih dalam proses kurang lebih dua minggu lamanya.kami juga dalam menangani pasien lebih di fokuskan ke promotif,preventif dan Rehabilitatif.selebihnya kalau ada pasien yang kritis langsung ngambil tindakan untuk di rujuk ke RSUD Palabuhanratu "ujarnya.

Sebetulnya Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini kepada masyarakat merupakan upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan melakukan tindakan preventif untuk menjaga kesehatannya bagi masyarakat sekitar itu saja"tambahnya 

di singgung soal cocok atau tidak nya dengan obat yang saya berikan ini hanya Allah lah yang bisa menyembuhkan segala penyakit jangan tergantung dengan obat. karena, penyakit datang nya dari Allah "pungkasnya.
Jurnalis : Ajid/ismet

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama