BERJIBAKU, BPP PERANGI "WERENG COKLAT "di Musi Rawas.

Musi Rawas, liputan 12 (30/5/23)

Siklus Empat tahunan serangan wereng,terhadap tanaman padi diwilayah kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan,saat ini mulai terjadi lagi.
Hal ini dapat menimbulkan kerugian secara masif para petani dengan berkurangnya hasil panen, bahkan sampai gagal panen/fuso.
Selain siklus Empat tahunan,wereng juga disebabkan penggunaan insektisida yang terus-menerus dengan takaran dan cara yang tidak tepat, sehingga membuat kondisi hama menjadi kebal/imun.
Sehingga serangan hama dapat secara ecplosive terjadi pada tanaman padi.
Untuk itulah Dina Pertanian, melalui BALAI PENYULUHAN PERTANIAN, kabupaten Musi Rawas,melaku upaya upaya intensif dilapangan,dari mulai upaya Pemantauan, Identifikasi, sampai Kepada pengendalian.
Dan melibatkan semua pihak untuk memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada petani, dengan mengajak Babinsa,dan Pihak Kepolisian turun kelapangan setiap hari kewilayah kerja, Dimana daerah terdampak.
Waluyo.SST, sebagai kepala BPP,yang rajin turun langsung kelapangan mengatakan saat di konfermasi " Kami selalu melakukan pemantauan secara serius dalam hal serangan wereng ini,dan setelah itu kami akan berkoodinasi dengan Lembaga khusus untuk pengendalian Hama,dan juga menggandeng para BABINSA,dan pihak kepolisian turun kelokasi terdampak untuk melakukan sosialisasi dan pemantauan untuk nanti nya bisa kita dapat kan solusi.",dan juga berharap dukungan dari para petani untuk melaksanakan Pengamatan dini, terhadap tanaman padi yang terserang hama.".
Karena serangan wereng, terutama wereng coklat ini sangat berbahaya bagi tanaman , hingga menimbulkan kematian pada tanaman padi, menjadi kering,dan kerugian material bagi petani,yang biasanya bisa panen sampai 7 sampai 8 ton di daerah sistem irigasi,dan5 sampai 6 ton daerah non irigasi, dengan adanya hama tersebut tidak didapatkan lagi hasil yang diharapkan, "ungkap Waluyo SST,saat ditemui di kantor BPP.
Dan Respon pemerintah dalam hal ini pun, cukup reaktif, dengan memberikan bantuan obat obatan dan benih/bibit padi kepada para petani.
Agar para petani dapat melanjutkan kelangsungan pertanian di daerah Kabupaten Musi Rawas.
Dan BPP, sebagai tugas pokoknya akan terus memberikan yang terbaik untuk para petani, dengan melakukan langkah langkah efektif, dengan  pemantauan, identifikasi dan pengendalian terhadap hama,dan penyuluhan lapangan terhadap petani secara inten, agar petani dapat meningkatkan hasil pertanian, untuk menjadikan kehidupan para petani layak dan sejahtera.
(Purwondo Palembang).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama