Wakili Dandim 0306/50 Kota, Danramil 01 Payakumbuh Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Dibalai Kota Payakumbuh


Liputan12.com,Payakumbuh -- Komandan Koramil (Danramil) 01 Payakumbuh Mayor Inf Komsah wakili Dandim 0306/50 Kota dalam menghadiri kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Payakumbuh tahun 2024, bertempat di lapangan apel Kantor Balaikota Payakumbuh. Sabtu (1/6/2024).

Dalam upacara yang berlangsung khidmat tersebut, Pj Walikota Payakumbuh Ir Suprayetno MA bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam pidatonya, Pj Walikota Payakumbuh menekankan pentingnya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta peran Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

Hari Lahir Pancasila adalah momentum penting bagi kita semua untuk merefleksikan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah pondasi yang menyatukan kita dalam keragaman, ujar Ir Suprayetno.

Upacara diikuti oleh berbagai satuan pasukan, termasuk 1 SST dari Kodim 0306/50 Kota, Polres Kota Payakumbuh, Satuan Polisi Pamong Praja, Personil Dinas Perhubungan, Personil Pemadam Kebakaran, Personil BPBD, perwakilan mahasiswa, serta pleton pelajar SMA, SMP dan SD Kota Payakumbuh.

Rangkaian kegiatan upacara diawali dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara yang dipimpin oleh Komandan upacara, dilanjutkan dengan laporan pelaksanaan upacara.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan dengan iringan lagu Indonesia Raya, kemudian mengheningkan cipta. Setelah itu, pembacaan teks Pancasila dilakukan oleh Inspektur Upacara diikuti pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang disampaikan oleh Inspektur Upacara. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Danramil 01 Payakumbuh Mayor Inf Komsah dalam keterangannya menyampaikan, kehadiran dirinya beserta jajaran dalam upacara ini adalah bentuk komitmen TNI selalu mendukung dan menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila.

Kodim 0306/50 Kota selalu siap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ucapnya. 

Upacara ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan, baik dari jajaran pemerintahan, TNI Polri, maupun masyarakat setempat. Mereka berharap peringatan Hari Lahir Pancasila dapat menjadi pemicu semangat nasionalisme dan memperkuat solidaritas di tengah masyarakat.

Dengan tema yang diusung, diharapkan semangat Pancasila tetap menjadi jiwa pemersatu bangsa  menuju Indonesia Emas 2045. 

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di di Halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota. Jalan Raya Negara KM.10. Bukit Limau. Sarilamak. Kec. Harau. Kab.50 Kota. Yang turut dihadiri perwakilan dari TNI Polri,  ASN dilingkup kabupaten 50 Kota dan perwakilan para pelajar.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama