Sekda Provinsi Jambi Terima Kunjungan Koperasi HKTI Tamara Bumi Indonesia Provinsi Jambi


Liputan 12 com.Jambi 
Sekda Provinsi Jambi Sudirman merespon baik dan menyambut baik pembahasan Ketahanan Pangan Kolaborasi dan Sinergi Ketahanan Pangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jambi dan Koperasi HKTI Tamara Bumi Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi bersama Kelompok Tani Hutan Bumi Indah Sejahtera di ruang Sekda Provinsi Jambi di Telanaipura, Kota Jambi, Senin (10/6/2024).

“Untuk ini tolong koordinasi terus dari dinas ketahanan pangan, koperasi dan pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, pada intinya pihak Pemerintah Provinsi menyambut baik dan siap berkoordinasi.

Dewan Penasehat Koperasi HKTI Tamara Bumi Indonesia Perwakilan Jambi, Mayjend TNI Purn Mulhim Asrof mengatakan tujuan didirikannya koperasi ini bertujuan untuk mensejahterakan petani.

“Diantara programnya, yakni untuk memenuhi pupuk petani, mengaktifkan lahan tidur,” tuturnya.

Disamping itu Mulhim Asrof menambahkan, siap berkontribusi dengan pemerintah pusat dan daerah.

“Program selanjutnya, mendukung pemerintah selanjutnya (Prabowo-Gibran) dalam menyiapkan lahan untuk makanan bergizi,” ungkap mantan Danrem 042/Gapu tersebut.

“Kegiatan Ketahanan Pangan oleh Koperasi HKTI Tamara Bumi Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi sebagai tindak lanjut hasil arahan Dirjen Strahan Kemhan RI dan Asisten Khusus Menteri Pertahanan Republik Indonesia dan Irjen Kemhan pada bulan Mei 2024,” jelas Asrof.

Maryati, Kepala Bidang Pengawas dan Pemeriksaan Koperasi Provinsi Jambi meminta Koperasi HKTI Tamara Bumi Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi bersama Kelompok Tani Hutan Bumi Indah Sejahtera melengkapi regulasi hukumnya sehingga mempermudah kerja sama kedepannya.
Kasi Pemeriksaan Kelembagaan dan Usaha Koperasi, Provinsi Jambi, Susilo Adinata mengatakan untuk lahan tidur dan lainnya bisa dioptimalkan, seperti jagung, singkong dan buah-buahan ini sangat tepat.

“Kalau program makan gratis ini, informasinya berupa dana hibah yang akan didistribusikan Pemprov Jambi terutama untuk ketahanan pangan. Saat ini sudah ada daftarnya,” ucapnya.

“Nanti kedepannya semakin banyak kita akan bahas bersama dengan instansi terkait,” pungkasnya.

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Jambi, Johansyah menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan survei kondisi di lokasi

“Ya program_programnya sangat menarik betul, karena bisa untuk menanggulangi inflasi yang ada di Jambi,” ucapnya.

Untuk diketahui jumlah lahan tersebut seluas 857 hektar pada kawasan hutan lindung.

“Jumlah anggota koperasinya terdapat 99 KK, terdiri dari 81 laki-laki dan perempuan 18 orang,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga didampingi Pasi Intel Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Widi dan Pasiter Kodim 0415/Jambi.

(Basri Andi/Ari Dedek)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama