Siswa Kelas 7 dan 8 SMPN 1 Mandirancan Dibebankan Biaya Perpisahan Rp 50 Rb.

Kuningan, Liputan12.com - Persiapan Acara Perpisahan siswa kelas 9 di SMPN 1 Mandirancan, muncul kontroversi terkait biaya yang di bebankan kepada orang tua siswa kelas 7 dan 8.

Salah satu wali murid kepada awak media, Kamis (16/5/2024) mengungkapkan bahwa rencana kegiatan perpisahan tersebut menetapkan iuran sebesar Rp 50 ribu untuk setiap siswa kelas 7-8.

Kalau kelas 9 belum tahu dibebankan berapa, yamg jelas untuk kelas 7-8 dikenakan Rp 50 Rb per siswa," kata Wali Murid tersebut.
Menurutnya, kebijakan ini dianggap memberatkan, terutama bagi orang tua dengan pendapatan yang terbatas.

Meskipun sebagai orang tua, mereka merasa keberatan acara perpisahan kelas 9 di bebankan juga kepada kelas 7-8 dengan besarnya nominal yang harus dibayarkan SMPN 1 ini sekolah negeri, tapi sudah seperti Sekolah Swasta," ujarnya.

Pak Sarono kesiswaan membenarkan ada pungutan 50 Rb kepada siswa kelas 7-8 untuk partisipasi, pembelian senec dan biaya prasmanan, kalau kelas 9 merupakan urusan komite diri tidak tau persis kalau gak salah 320 an dan Prihal partisipasi kelas 7-8 sebesar 50 Rb sudah di rapatkan dengan komite saat masuk sekolah di semester 1, Ujar Sarono
M. Juanda ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten menanggapi hal ini "Meskipun kegiatan perpisahan bukanlah kegiatan akademik yang wajib, namun diizinkan dengan beberapa ketentuan, termasuk tidak membebani peserta didik dan orang tua dengan biaya yang memberatkan.

Ketentuan lain di laksanakan dalam rangka membangun karakter positif peserta didik, bersifat sederhana dan bermakna, tidak membebani orang tua/wali dan/atau peserta didik (tidak boleh ada pungli), dan terlebih dahulu diadakan rapat lengkap antara sekolah dengan orang tua peserta didik dan/atau komite sekolah yang dibuktikan oleh adanya dokumen pendukung (daftar hadir, notulensi hasil rapat, berita acara hasil rapat dan foto/video rapat).
 
M. Juanda menegaskan bahwa kegiatan perpisahan harus sesuai prosedur dan tidak memberatkan orang tua siswa. Pungkasnya

Bung Arya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama