Penghormatan Terakhir, Kasdim 0306/50 Kota Pimpin Upacaran Pemakaman Militer Pejuang Veteran


Liputan12.com,Payakumbuh ---  Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0306/50 Kota Mayor Inf Edi Arman bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Pemakaman Militer Almarhum bapak Ali Amran 
anggota Veteran Pejuang Kemerdekaan RI. Bertempat di Pemakaman keluarga Sungai Pinago Kelurahan Tanjung Gadang Kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh. Rabu (1/5/2024).

Upacara Militer diikuti oleh Personil Kodim 0306/50 Kota dan personil Yon 131/Brs sebagai pasukan upacara, tokoh agama, tokoh masyarakat, sanak keluarga serta kerabat lainnya. Selesai upacara persemayaman, Almarhum diberangkatkan ke Taman Makam Keluarga Sungai Pinago.

Almarhum bapak Ali Amran meninggal dunia pada hari ini Rabu tanggal 1 Mei 2024 diusianya 93 tahun dirumah sakit otak Bukit Tinggi karena sakit menua. 

Dalam amanatnya Inspektur Upacara  mengatakan, bahwa upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan pengorbanan almarhumah kepada negara dan bangsa yang telah dilaksanakan sepanjang hidupnya.


Upacara pemakaman militer merupakan bentuk suatu penghormatan terakhir terhadap prajurit yang berhak mendapatkannya berdasarkan aturan yang telah tertulis, dimana seorang prajurit tersebut dinyatakan sebagai pahlawan, gugur dalam perang maupun meninggal biasa, Ucap Kasdim. 

Kami atas nama pribadi dan Satuan Kodim 0306/50 Kota turut berduka cita atas meninggalnya almarhum bapak Ali Amran, mudah mudahan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keimanan serta almarhum diberikan tempat yang layak disisi Allah Swt diampuni segala dosa dan diterima amal ibadahnya selama ini.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan baik moril maupun materil sehingga upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar, ungkap Kasdim Mayor Inf Edi Arman.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama