Melalui Program Pompanisasi, Babinsa Koramil Karanganyar Bantu Petani Padi Mengairi Sawah

Ngawi, Liputan12.com – Dalam upaya pendampingan pertanian warga di wilayah, Babinsa Koramil 0805/15 Karanganyar Sertu Maryono membantu petani padi menggunakan Air pompa sumur dalam mengairi sawahnya yang kekurangan air menggunakan mesin pompa salah satunya di sawah milik Bpk. Suwandi anggota Kelompok Tani Sri Makmur seluas 1.700 m2 di Desa Sriwedari, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Selasa (14/5/2024).

Tanaman padi merupakan tanaman yang sangat banyak membutuhkan air khususnya pada saat tumbuh tanaman harus selalu tergenang air, agar produktivitas pertumbuhan padi cukup baik dan efektif dalam satuan luas lahan, maka dibutuhkan suplai air yang memadai.
Babinsa Sertu Maryono mengatakan bahwa perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi dalam memenuhi kebutuhan pengairan, tidak harus menunggu hujan turun.
Lanjut katanya, Pada tanaman padi milik warga binaan saat ini dalam masa pertumbuhan, sehingga banyak memerlukan suplai air yang banyak.

“Kebutuhan air pada tanaman padi harus banyak, bila tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, bahkan pertumbuhan kurang maksimal sehingga petani akan mengalami kerugian,” ungkap Sertu Maryono.

Sementara itu Bpk. Suwandi pemilik lahan menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang telah membantu dalam mengairi sawahnya yang mulai mengering karena cuaca sudah masuk musim kemarau.

Terimakasih Pak Babinsa yang telah peduli membantu mengairi sawah, semoga dengan pengairan ini, tanaman padi tercukupi dan hasil produksi pertanian dapat meningkat,”pungkas Suwandi.

(PenDim/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama