Lima Kafilah Asal Kabupaten Tegal Raih Juara Harapan di Ajang MTQ Jawa Tengah


SLAWI , LIPUTAN 12 . COM – Sebanyak lima kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) asal Kabupaten Tegal raih juara harapan pada gelaran lomba MTQ ke-XXX Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Kabupaten Pati tanggal 25-28 April 2024 lalu. Informasi ini disampaikan Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Tegal Masdar Helmy saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (02/05/2024).

Adapun kafilah asal Kabupaten Tegal yang berhasil meraih kejuaraan di ajang dua tahunan ini adalah juara harapan dua tilawah remaja kategori putri diraih Inayati Ainah, juara harapan dua muratal remaja kategori putra diraih Abdul Ghofur, juara harapan tiga muratal remaja kategori putri diraih Ghoisin Nada Hattani, juara harapan dua muratal deewasa kategori putra diraih Abdul Mufid, juara harapan dua tahfidz qur’an 1 jus dan tilawah kategori putra diraih Hidayat Choirul Amar.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tegal melepas 33 kafilah MTQ ini dari halaman kantor Pemkab Tegal, Kamis (26/04/2024).

Helmy menjelaskan kafilah perwakilan dari 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah tersebut berkompetisi di sembilan cabang dan 24 golongan perlombaan yang terbagi ke dalam 13 majelis atau lokasi perlombaan.

“Sembilan cabang lomba yang dipertandingkan ini adalah tartil, murotal, tilawah, tahfidz qur’an 1 juz, tahfidz qur’an 5 juz, tahfidz qur’an 10 juz, tahfidz qur’an 30 juz, syarhil qur’an, serta kaligrafi,” katanya.


Para kafilah yang mewakili Kabupaten Tegal merupakan hasil seleksi dari perlombaan MTQ tingkat Kabupaten Tegal sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2024. Dari hasil tersebut juara satu dari masing-masing cabang lomba diutus untuk mewakili Kabupaten Tegal di tingkat provinsi.

Dirinya pun mengungkapkan kafilah asal Kabupaten Tegal sebelumnya pernah meraih juara satu tingkat provinsi Jawa Tengah pada ajang MTQ ke-XXIX yaitu pada cabang tartil kategori anak-anak yang kemuadian mewakili Provinsi Jawa Tengah maju ke tingkat nasional dan berhasil meraih juara tiga nasional. (Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama