Kepala BPJN Sulut Hendro Satrio Targetkan Jalan Mantap 2024







SULAWESI UTARA, LIPUTAN 12 . COM - BPJN Sulut hingga saat ini terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur dalam  membuka aksesibilitas wilayah dan konektivitas wilayah ruas jalan Nasional yang tersebar di propinsi Sulawesi Utara. 

Panjang Jalan Nasional terbaru sesuai SK Menteri  PUPR Nomor 430 Tahun 2022, adalah 1.682,45 km dan 841 buah jembatan dengan panjang mencapai 16.137 meter. 

Bukan hanya ruas jalan nasional, bahkan pada tahun 2023 di Provinsi Sulawesi Utara telah dilakukan pembangunan dan perbaikan jalan sepanjang 59,4 km. 

Pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah dengan anggaran Rp183,6 miliar. 

Adapun sembilan ruas jalan daerah yang tersebar di 4 kabupaten, yakni di Kab. Bolaang Mongondow (4 ruas), Kab. Minahasa (2 ruas), Kab. Kep. Siau Tagulandang Biaro (2 ruas) dan Kab. Minahasa Selatan (1 ruas), telah diresmikan oleh presiden Joko Widodo dalam kunjungannya yang dilaksanakan di ruas jalan Pinogaluman-Dumoga, Kab. Bolaang Mongondow (23/2/2024).

Tujuan pembangunan tersebut guna mempercepat peningkatan konektivitas, meningkatkan kemantapan jalan daerah, serta mendukung kelancaran logistik dan akses menuju lokasi pariwisata. 

Kepala Balai Hendro Satrio. M.K, ST. MT mengatakan saat ini jajarannya terus bekerja keras mengejar target jalan dalam kondisi mantap pada 2024. Kemantapan jalan nasional di Sulut sudah lebih dari 1.598,91 Km, berada dalam kondisi baik dan sedang.

Meski diakuinya, untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan nasional di sulut bukan pekerjaan mudah karena memerlukan perhatian dan tanggung jawab dari semua pihak. 

"Sebagian besar Jalan Nasional yang tersebar di Provinsi Sulut secara presentasi sudah berada dalam kondisi mantap 95,27 persen. Itu berarti ada 4,73 persen masih dalam kondisi rusak ringan dan berat, sehingga akan terus ditingkatkan agar menjadi lebih baik" ujar KaBalai.(Jean Eva)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama