Ini Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal yang ke- 423 Catat Kegiatannya


SLAWI, LIPUTAN 12 . COM - Pemerintah Kabupaten Tegal menyiapkan berbagai rangkaian acara guna memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tegal yang ke-423 pada tahun 2024.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan bahwa Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal yang ke-423 ini merupakan sarana untuk melestarikan berbagai kebudayaan dan sejarah yang telah terukir melalui berbagai bentuk visualisasi kegiatan yang kreatif.

“Peringatan ini akan dikemas dengan berbagai acara dan kegiatan yang menarik sekaligus sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Kabupaten Tegal,” jelas Nurhayati, Senin (13/05/2024) di ruang kerjanya.

Berikut jadwal rangkaian Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal Tahun 2024:
Ziarah ke Makam Pendiri Kabupaten Tegal
Peserta ziarah ini mengenakan batik Tegalan dan dilakukan pada, Senin, 13 Mei 2024 Pukul 07.30 WIB hingga selesai. Diikuti oleh Forkopimda, Kepala OPD dan Camat.

Ziarah dilakukan dibeberapa tempat diantaranya Makam Kigede Sebayu di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang, Makam Sunan Amangkurat I di Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna dan Makam Ki Ageng Hanggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru.

Pengambilan Pataka
Pengambilan ini dilaksanakan dengan menggelar upacara penyerahan Pataka dari Pj Bupati Tegal kepada Keluarga Kalisoka pada Rabu, 15 Mei 2024 pukul 08.00 WIB sampai selesai di Halaman Belakang Pemda.

Kegiatan tersebut disaksikan oleh jajaran PNS dilingkungan Pemkab Tegal dengan mengenakan pakaian Adat Tegal Harian

Setalah Upacara tersebut, Pj. Bupati bersama dengan OPD dan Keluarga Kalisoka menuju ke gerbang Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal (sebelah selatan Patung Obor) untuk acara menggunting rangkaian melati.
Kirab Pataka
Kirab ini digelar dari Padepokan Purbaya di Desa Kalisoka pada hari Kamis, 16 Mei 2024 Pukul 12.30 WIB sampai selesai.

Pemberangkatan kirab Pataka oleh Camat Dukuhwaru dengan mengenakan Adat Tegal Harian dengan rute Kalisoka - Batalyon 407 - Langon - perempatan Pilkita - GBN Slawi.

Dilanjutakan dengan Parade Ageng Hasil Bumi dari Depan Monumen GBN Slawi. Pemberangkatan peserta kirab dari monument GBN Slawi oleh Kepala Dinas Dikbud Kab. Tegal Parade ini menunggu Pataka dari Kalisoka dan berangkat bersama-sama ke Rumah Dinas Wakil Bupati dengan rute Monumen GBN Slawi - Ex. Bioskop Rama - Ruko Slawi - Polres Tegal - Patung Obor belok kanan - Panggung kehormatan depan Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal.

Di Panggung Kehormatan yang bertempat di depan Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal, Pj Bupati Tegal dan Kepala OPD menyaksikan Kirab Pataka dan Parade Ageng Hasil Bumi.
Sebelum melintas di panggung kehormatan rombongan pembawa pataka turun dari mobil berjalan kaki menuju panggung kehormatan, keluarga Kalisoka yang mewakili memohon ijin kepada Pj Bupati Tegal untuk menyemayamkan Tombak Kyai Plered dan Pataka di Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal.

Pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 Pukul 10.00 WIB Kirab Pataka tersebut dilanjutkan dari Rumah Dinas Wakil Bupati menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal. Pemberangkatan peserta Kirab dari Rumah Dinas Wakil Bupati oleh Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal.
Di depan Gedung Dewan, Pelaksanaan serah terima Tombak Kyai Plered dan Pataka Integritas, Adapun urutan serah terima sebagai berikut, dari Keluarga Kalisoka kepada Alim Ulama, dari Alim Ulama kepada Pj Bupati Tegal dan dari Pj Bupati Tegal ke Ketua Dewan.


Rapat Paripurna Istimewa DPRD
Pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 11,00 WIB, Pj Bupati Tegal, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Tegal, Sekretaris Daerah, Forkompimda, Keluarga Kalisoka, Kepala OPD menggelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD dengan mengenakan pakaian Adat Tegal Resmi.

Tasyakuran
Tasyakuran ini diadakan pada hari Jumat, 17 Mei 2024 pada pukul 15.30 WIB dengan mengenakan busana muslim di Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal

Acara pendukung, yakni, Acara Slawi Ageng, yang digelar pada tanggal 22 sampai 26 Mei 2024. Berbagai agenda dan hiburan sudah dikemas diantaranya adalah Slawi Ageng Expo, Sound of moci, Jambore Wirausaha & Do’a Bersama, Semarak UMKM Pantura, Gema dakwah, fashion art, Konser Musik Harmoni di meriahkan oleh Ungu Band di Lapangan Pemkab Tegal, 25 Mei 2024.
Dan terakhir yakni, Bhakti Sosial, yang akan digelar mulai tanggal 28-31 Mei 2024, berbagai kegiatan baksos diantaranya adalah, sunatan masal, pembagian jaminan hidup dan alat bantu dengar, operasi bibir sumbing, operasi katarak, sedekah tanaman dan pembagian bibit ikan.(Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama