FKPM Desa Sambirejo, Solusi Atasi Problematika Warga

Madiun | Terhitung sejak tahun 2022, Pemerintah Desa Sambirejo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun telah membentuk Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM). Terbentuknya forum tersebut, sebagai fasilitator antara polisi dan masyarakat dengan Surat Keputusan nomor 23 tahun 2022, masa bakti tahun 2022-2027 dengan yang diketuai Kepala Desa Heru Purnomo, Sekertaris M. Budi Fajar. W, Anggota Yunus Asnawi Babinkamtibmas, Mulyanto Babinsa dan Muji Wahono dari Tokoh Masyarakat. 

Kepada awak media, Kepala Desa Sambirejo Heru Purnomo mengatakan tujuan dibentuknya FKPM ini tak lain demi terwujudnya Kamtibmas, khususnya di wilayah desa setempat. 

"Tujuan FKPM ini sendiri untuk memberikan pendapat dalam penyelenggaraan ketertiban dan keamanan," ujar Heru, Jumat (10/05/2024). 
Pada tahun 2024, lanjut Kades lantikan 2022 itu, FKPM desa Sambirejo berhasil menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi dilingkup masyarakat. Lokus penyelesaiannya pun, juga cukup fleksibel. Bisa di rumah warga maupun kantor desa.

"Terhitung sejak januari sampai dengan april 2024 kemarin, FKPM di Desa Sambirejo telah berhasil menyelesaikan 4 permasalahan," imbuhnya. 

Hadirnya FKPM di Desa Sambirejo, sebagai wadah untuk mencari solusi atau pemecahan masalah sebelum berlanjut ke ranah hukum, khususnya dalam penyelesaian masalah-masalah kecil seperti perselisihan, pertentangan, ketidaknyamanan dan sebagainya. 

"Harapan kami, dengan adanya penyelesaian masalah oleh FKPM, masalah-masalah kecil tidak melebar ke ranah hukum," pungkasnya.(Anwar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama