Cegah BaLi, Satlantas Ngawi Amankan 9 Motor

NGAWI, Liputan12.com - Satuan Lalu Lintas Polres Ngawi Polda Jatim melaksanakan patroli razia BaLi (Balap Liar) dan knalpot tidak sesuai spektek (spesifikasi teknis) pada Sabtu (18/5/2024) sekira pukul 23.00 WIB.

Antisipasi balap liar tersebut dilaksanakan secara hunting yakni pada lokasi seputaran wilayah Ngawi, yang rawan digunakan untuk aksi balap liar.

Dalam giat tersebut dilakukan penindakan pelanggaran kasat mata dan berhasil diamankan sebanyak 9 (sembilan) kendaraan roda dua yang akan digunakan aksi balap liar.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si , melalui Kasat Lantas AKP M Sapari, S.H membenarkan hal tersebut.

"Kegiatan razia tidak sesuai spektek dan antisipasi balap liar dengan hunting sistem, berhasil mengamankan sebanyak sembilan kendaraan bersama pemiliknya," kata Sapari kepada media, Minggu (19/5/2024) 

Lebih lanjut Kasat Lantas menjelaskan, kebanyakan para pemuda menggunakan kendaraan knalpot tidak sesuai spektek dan tanpa helm yang terjaring razia balap liar.

"Kendaraan yang kami amankan, diduga akan digunakan para pemuda untuk balap liar adalah knalpot tidak sesuai spektek, sehingga mengganhgu ketertiban lingkungan. Karena bising, banyak warga yang tidak bisa istirahat dengan nyaman," jelas Sapari

Lebih lanjut diungkapkan, selain ditindak dengan surat tilang dan teguran, para pemuda yang terjaring tersebut juga diberi pembinaan dan arahan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.
"Kita tegas saja sesuai dengan aturan yang ada. Kami tindak dengan surat tilang juga ditegur," ungkapnya 

Sedangkan untuk sepeda motor yang tidak sesuai standart pabrik dan knalpotnya tidak sesuai spektek, Kasat Lantas menegaskan akan di tahan dulu, saat ini berada di pos IKN (Induk Kartonyono Ngawi)

"Kendaraan yang diamankan ini baru bisa diambil setelah pemiliknya melengkapi kendaraan tersebut. Motornya dikembalikan sesuai dengan spek pabrik, termasuk knalpot harus dikembalikan sesuai spektek" tegas Sapari

Dia menambahkan kegiatan razia ini dilakukan demi keselamatan bersama dan juga agar masyarakat merasa aman dan nyaman 

"Razia ini diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," imbuhnya. 

(Hms/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama