Babinsa Sebagai Motivator Dalam Upaya Meningkatkan Dan Mewujudkan Ketahanan Pangan

Ngawi, Liputan12.com - Musim panen telah usai, aktifitas warga masyarakat Desa Dawu disibukan kembali dengan area lahan pertanian. Para petani mulai mengawali aktifitasnya untuk mengolah lahan pertaniannya. Proses pembajakan lahan sawah merupakan langkah awal untuk bercocok tanam dalam dunia pertanian.

Seperti yang dilakukan oleh Serka Sugeng Risdiyanto selaku Babinsa Desa Dawu Kec. Paron Kab. Ngawi ikut peduli dan andil secara lagsung terjun ke lahan persawahan guna membantu petani untuk melakukan proses pengolahan lahan persawahan di desa binaanya. Senin, (6/05/2024).

Disela-sela kesibukannya mendampingi petani, Serka Sugeng Risdiyanto mengatakan, "bahwa dengan adanya program pemerintah untuk mewujudkan serta meningkatkan hasil pangan guna mengantispasi darurat pangan nasional maka para Babinsa aktif dilapangan untuk mendampingi para petani di desa binaanya membantu mengolah lahan sawah pertanian dan memelihara tanaman meskipun harus bermandikan lumpur." ujarnya

"Dia juga memberikan motivasi terhadap para petani agar lebih giat dalam hal pertanian sehingga nantinya akan menuai hasil panen yang produktif". imbuhnya

Dilain tempat, Danramil 0805/02 Paron Kapten Arm Mareh menyampaikan, "bahwa pendampingan secara langsung dilapangan yang dilakukan Babinsa ini merupakan wujud kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan Rakyat guna mewujudkan serta mensukseskan program Pemerintah dalam rangka mengantisipasi Darurat Pangan Nasional".
“Kegiatan yang dilakuan tersebut bertujuan sebagai upaya percepatan proses tanam padi, terlebih saat ini sudah memasuki musim tanam, sehingga para petani agar menyiapkan lahannya dengan baik untuk persiapan tanam padi”. ujarnya

Sementara itu, Sumiran pemilik lahan sawah juga memberikan pendapat, bahwa pendampingan yang dilakukan bapak Babinsa sangat membantu para petani. Pendampingan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani, dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat sangat membantu kami karena dari awal mulai tahap pengolahan lahan, pemeliharaan dan perawatan sampai dengan panen.

Kami mengharapkan dengan adanya pendampingan oleh para bapak Babinsa, semoga hasil panennya lebih bisa meningkat " imbuhnya.

(PenDim/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama