Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Mandiri Jaya Makmur Ke-18 Tahun Buku 2023

Musi Banyuasin, Liputan12.com -
Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Mandiri Jaya Makmur Ke-18 Tahun Buku 2023, dengan tema "meningkatkan peran Koperasi dalam pemulihan ekonomi pasca peremajaan demi mewujudkan koperasi yang Inklusif dan Berkelanjutan". Yang Dilaksanakan Di Balai Kepala Desa Banjar Jaya Kecamatan Tungkal Jaya. Senin (04/03/2024).

H. Irwan Sazili Kepala Dinas Koperasi menyampaikan bahwa, alhamdulillah Terima kasih untuk semua pihak KUD Mandiri Jaya Makmur untuk undangannya kepada kami, ini merupakan kegiatan tahunan, dan ini memang harus dilaksanakan setiap tahunnya, dan setiap koperasi yang artinya semakin dilaksanakan semakin bagus.

"Setiap KUD itu masing-masing anggota perlu memberikan saran dan pendapat untuk mengetahui sebagaimana program kerja yang dilakukan oleh pengurus tahunan yang dijalani. 

Ditempat yang sama Eji Sukaeji Kepala Desa (Kades) Banjar Jaya Kecamatan Tinggal Jaya juga menambahkan, dari awal RAT KUD Mandiri Jaya Makmur ini berjalan bagus, perjalanannya lancar sesuai dengan yang diharapkan. Dan tidak ada masalah-masalah, termasuk dari awal perjalanannya itu sampai sekarang. 


Purwo Pamungkas S.IP selaku Ketua Umum KUD Mandiri Jaya Makmur mengatakan pada hari ini kami di Kecamatan Tungkal Jaya Desa Banjar Jaya mengadakan kegiatan seperti biasa setiap tahunnya yaitu rapat anggota tahunan yang harus dilakukan oleh koperasi dalam setiap tahunnya ini wajib. 

RAT ini wajib diikuti anggotanya, dan dalam rapat yang kita sampaikan adalah laporan baik itu kegiatan laporan kualitatif maupun kuantitatif dalam satu tahun pekerjaan koperasi itu. Dan ini yang harus kita lakukan minimal bulan Maret," Pungkasnya.

"Dan yang wajib hadir itu adalah pastinya anggota-anggota kita, yang berjumlah lebih kurang 423, tetapi kita hadirkan perwakilan saja sebanyak 112 anggota koperasi. Seperti yang hadir hari ini dari Dinas Koperasi, Dinas Perkebunan, perusahaan, intansi pemerintah. Dan dari Bank Mandiri, Bank Sumsel itu merupakan Mitra kita. 

Lanjutnya, stand juga yang ada disini dari produsen benih, produsen bibit, dari Sriwijaya, kemudian dari produksi pupuk sama produsen pestisida ada Santani kemudian ada pupuk Indonesia. 


"Untuk RAT KUD Mandiri Jaya Makmur tahun ini dibandingkan dari tahun sebelumnya adalah kalau tahun ini kami mengadakan 10 produk, tujuannya adalah agar semua masyarakat itu teredukasi bagaimana cara berbudidaya kelapa sawit cara mendapatkan bibit yang unggul, cara penggunaan pupuk dan pestisida yang bijak, " Ujarnya. 


Kami berpesan kepada anggota kita pada hari ini, tentunya kita butuh support dan dukungan karena Koperasi itu tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila dukungan dari anggota tidak ada, dan yang kedua kepercayaan, kepercayaan harus ditumbuh kembangkan dari semua anggota, bahwasanya eksistensi kita itu bisa diakui namun kepercayaan itu akan menghilang apabila menurut Koperasi ini tidak menjalankan dengan baik, dia akan pudar kepercayaannya. Jika kita pengurus koperasi ini tidak menjalankan secara akuntabel dan transparan kedepan. 

Kita berharap nanti produktivitas akan meningkat, kemudian tentunya kalau produktivitas meningkat penghasilan para anggota akan meningkat, ini tentu akan memberi kesejahteraan lebih kepada anggota KUD kita yang sejumlah 423 orang. 

Suprianto BPD disaat di wawancarai juga menyampaikan, kami sebagai anggota alhamdulillah banyak keuntungan yang didapat dari menjadi anggota KUD dan juga terutama hasil panen sawit kita sudah ada yang mengurusi, tinggal terima uang dirumah. 

"Dan alhamdulillah selama kami menjadi anggota KUD tidak ada kendala sama sekali, tetapi hanya saja kita harus mengikuti aturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh KUD. Bila kami butuh peralatan perkebunan kita tidak jauh-jauh mencarinya semua sudah tersedia di KUD, bisa ngebon lagi. Apabila ada kebutuhan mendesak kita bisa pinjam uang ke USP dan banyak lagi manfaatnya. 

Harapan kami kedepan KUD bisa menjadi tulang punggung ekonomi desa, dan bisa mensejahterakan anggota khususnya dan seluruh masyarakat Desa Banjar Jaya pada umumnya, "tandasnya.

(Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama