Ini Yang Disampaikan Dandim 0306/50 Kota Pada Hari Peduli Sampah Nasional


Liputan12.com,Payakumbuh -- Dandim 0306/50 Kota diwakili Kasdim Mayor Inf Ridwan hadir bersama Pj Walikota Payakumbuh Jasman dan Forkopinda dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024. Yang diisi dengan kegiatan Gotong Royong dan Penanaman Pohon yang dipusatkan di kawasan Batang Agam, Selasa (5/3/2024).

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tahunnya pada tanggal 21 Februari merupakan momentum untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian semua stakeholder bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, dimana didalam pengelolaannya memerlukan keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Kasdim Mayor Inf Ridwan dalam keterangannya menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada pemerintah kota Payakumbuh terkait tentang peduli sampah.

"Masalah kebersihan dan peduli sampah adalah tanggub jawab kita bersama. Diharapkan momen HPSN ini dapat memotivasi kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan,”ujar Dandim.


Dirinya juga juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan. Pilihlah sampah rumah tangga sehingga sampah yang dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berkurang.

"Mari lakukan pemilahan sampah di rumah dan sumber lainnya menjadi tiga jenis yaitu sampah organik, sampah, anorganik yang bernilai, dan sampah lainnya atau residu, sehingga sampah-sampah tersebut bermanfaat dan mempunyai nilai ekonomis, "terangnya lagi. 

Untuk sampah organik sendiri bisa diolah menjadi kompos dengan membuat lubang atau menggunakan komposter sederhana. Sampah anorganik yang masih bernilai disalurkan ke bank sampah atau lapak barang bekas, pungkas Dandim yang disampaikan Mayor Inf Ridwan. 

Gotong royong dan penanaman pohon juga diikuti praja IPDN Kampus Sumbar, dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-68 IPDN Kampus Sumbar tahun 2024.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama