Diskominfo Kabupaten Tegal Gelar Forum OPD


SLAWI, LIPUTAN 12 . COM - Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal tahun 2024, Dinas Kominfo Kabupaten Tegal menyelenggarakan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD) pada Selasa 5 Maret 2024 di Ruang Rapat Gedung C Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal.

Rapat ini dihadiri oleh jajaran Dinas Kominfo beserta OPD terkait, Badan Pusat Statistik Kabupaten Tegal, Bea Cukai Tegal, Ketua Forum Komunikasi Camat (FKC), Perstauan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Ikatan wartawan Online (IWO) , Dewan Smart City Tegal, Difabel Slawi Mandiri (DSM), Explore Tegal, FK Metra, Forum Anak Slawi Ayu (FASA) dan beberapa OPD dan mitra kerja  yang lain.

Sekretaris Dinas Kominfo Aji Sri Mulyanto mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dan menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas tahun 2025.
Pada kesempatan ini Kadis Kominfo Nurhayati,  memaparkan capaian kegiatan 2023, kegiatan 2024 dan rencana kegiatan tahun 2025. Alokasi anggaran tahun 2025 hanya sebesar 4 mulyar lebih. Anggaran sebesar itu tidak sebanding apabila dibandingkan dengan anggaran tahun 2024 yang sebesar 8 mulyar lebih. 


Perbandingan alokasi anggaran tahun 2024 dan anggaran tahun 2025 turun sebanyak 52,95% karena anggaran yang terbatas maka terdapat beberapa kegiatan strategis yang belum teranggarkan seperti Gedung TIK, Command Center, Pengadaan Mebel, Pengadaan Lisensi, Keterbukaan Informasi Publik Desa, Penambahan 18 JIPD, Program Penyelenggaraan Statistik Sektoral dan Pent Test. 

Pada sesi diskusi Ketua IWO Tegal Hartadi Setiawan mengusulkan agar dinas kominfo memfasilitasi dilaksanakannya uji kompetensi wartawan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan yang mengadakan peliputan di kab. Tegal. 


Semengtara itu Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Kepunduhan  Kec Kramat Sumarjo Sulam mengusulkan agar KIM yang ada di desa desa se Kabupaten Tegal di fasilitasi dan diberdayakan oleh Dinas Kominfo  agar lebih berhasil  guna dalam menyebarluaskan informasi kebijakan dan program pemerintah daereah di tengah tengah masyakaat. (Ag)


Tags: Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama