Cegah Demam Berdarah, Babinsa Ngrambe Dampingi Petugas Kesehatan Pantau Jentik Nyamuk

Ngawi, Liputan12.com - Serka Sugino selaku Babinsa desa Ngrambe Koramil 07/Ngrambe Kodim 0805/Ngawi mendampingi Tim pemantauan jentik (Jumantik) melaksanakan pengecekan jentik nyamuk di rumah-rumah warga di wilayah dusun Sanggrahan desa Ngrambe,Kecamatan Ngrambe, Sabtu (23/03/2024).

Ditegaskan Serka Sugino kegiatan ini efektif dilaksanakan selama musim penghujan seperti sekarang ini, untuk mencegah berjangkitnya demam berdarah, selain berkeliling kampung memantau jentik nyamuk, dirinya juga memberi penyuluhan cara pencegahan penyakit demam berdarah.

"Kegiatan pengecekan jentik dilaksanakan di bak mandi dan bak Wc serta bak penampungan air di wilayah desa Ngrambe. Setelah diadakan pengecekan rata – rata di bak mandi dan penampungan telah di temukan banyak jentik nyamuk." ujarnya.

"Langkah pertama yang diambil adalah memberikan pengertian kepada tuan rumah supaya tetap menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan kamar mandi, disarankan agar diupayakan diadakan pengurasan terhadap bak mandi setiap 2 hari sekali." terangnya.

Meskipun belum semua warga benar-benar bebas dari demam berdarah, kegiatan ini mendapat sambutan positif warga. Pasalnya kegiatan ini dinilai efektif untuk menekan berjangkitnya demam berdarah.

Selain bak kamar mandi, Babinsa juga menekankan untuk selalu rutin mengganti air di tempat sangkar burung maupun pot bunga yg ada di sekitar rumah warga

"Bagi warga yg gemar memelihara burung supaya rutin mengganti tempat minumnya, termasuk pot bunga yang ada tempat penampungan air dibawahnya supaya sering dibuat supaya tidak menjadi tempat nyamuk bertelur" tutupnya.

(PenDim/Arifin)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama