Babinsa Pantau Stok Dan Harga Sembako Di Pasar Tradisional


Liputan12.com,Limapuluh Kota -- Tak bisa di Pungkiri, jelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan hari raya idul fitri, selalu diwarnai dengan kenaikan haga kebutuhan Pokok. Selain disebabkan Karena permintaan tinggi sehingga menyebabkan harga naik, Kenaikan Harga kebutuhan Pokok ini juga dilatarbelakangi motif meraup keuntungan oleh para pedagang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Kodim 0306/50 Kota melalui Koramil jajaran mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikan harga kebutuhan pokok diluar kewajaran jelang bulan puasa dan lebaran nantinya. Selain menjaga tingkat Inflasi daerah, Himbauan terrsebut juga dimaksudkan agar tidak memberatkan masyarakat.

Seperti yang dilakukan personel Babinsa dari Koramil 02 Pangkalan Kodim 0306/50 Kota Serka Iriadi dan Serda Irmanto turun ke pasar untuk melaksanakan komsos sekaligus mengecek stok dan harga bahan pokok di Pasar Tradisional Pangkalan Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Minggu (3/3/2024).

Kegiatan pemantauan harga harus selalu di laksanakan untuk mengetahui situasi dan kondisi di sekitar pasar serta memantau stabilitas harga dan stok sembako yang ada di pasar tradisional.


Hal itu di sampaikan oleh Babinsa Serka Iriadi saat melaksanakan komsos dengan pedagang pasar, pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel dalam mengayomi dan menjaga masyarakat.

Dengan terus menerus turun ke pasar tradisional, tentunya dapat membuka komunikasi kita dengan pedagang serta pembeli, serta mengetahui ketersediaan bahan pokok menjelang bulan puasa dan lebaran nantinya.

"Kita mengimbau kepada para pedagang untuk tidak menaikan harga secara sepihak, dan mempersulit masyarakat yang akan membeli sejumlah kebutuhan jelang bulan suci Ramadhan ini, hanya untuk mengambil keuntungan sesaat, "ucap Babinsa.

Dirinya akan selalu intens melakukan Pemantauan harga bahan makanan pokok di pasaran yang berada di wilayah binaannya. Sementara sejauh ini, stok pangan masih terpantau aman. Sehingga dia meminta pedagang tak menaikkan harga dengan alasan stok langka, pungkasnya.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama