Babinsa Manfaatkan Kegiatan Safari Ramadhan Sebagai Sarana Komsos Dengan Warga Masyarakat


Liputan12.com, Lima puluh kota -- Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan senjata bagi Aparat Komando Kewilayan dalam hal ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam memonitor perkembangan situasi di wilayah binaannya. 

Selain itu Komsos juga memiliki tujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi, hubungan baik antara TNI melalui Babinsa sebagai ujung tombak di lapangan dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah. 

Beragam cara menarik selalu dikembangkan oleh seorang Babinsa dalam melakukan komsos di wilayah, mulai dari kegiatan anjangsana, pertemuan, gotongroyong, kegiatan sosial dan lail-lain, yang pada intinya membangun kedekatan dan kepercayaan dengan warga masyarakat di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya.

Tidak terkecuali pada kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada saat bulan puasa yakni kegiatan Safari Ramadhan, dimana para Babinsa turut hadir dalam melakukan pendampingan pada kegiatan tersebut. 


Seperti yang dilakukan oleh Serda Sutrisno yang merupakan Babinsa Situjuah Ladang Laweh personil Koramil 04 Luak Kodim 0306/50 Kota yang memanfaatkan momen Safari Ramadhan untuk lebih mendekatkan diri dengan warga masyarakat binaannya. Bertempat di Musholla Nurul Islam Nagari Situjuah Ladang Laweh. Sabtu malam. (16/3/2024).

Dalam kesempatannya Babinsa membahas tentang keamanan, dan mengajak warga untuk meningkatkan keamanan selama bulan Ramadhan dan menjamin pelaksanaan ibadah bagi umat muslim berjalan dengan baik. 

Disebutkan Babinsa, selama bulan Ramadhan biasanya tindak kriminal meningkat, sehingga perlu kewaspadaan masyarakat terkait situasi sekitar, karena pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan kelengahan serta kesibukan aktifitas masyarakat, ucapnya. 

Babinsa juga mengimbau kepada warga masyarakat, apabila ada hal hal yang mencurigakan atau kejadian diwilayah supaya segera melapor agar nantinya bisa untuk segera diselesaikan, pungkasnya.(cg)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama