304 Pramuka Beradu Ketangkasan di Ajang Pesta Siaga Kwarcab Tegal


Pelepasan balon udara dan burung merpati menjadi penanda dibukanya ajang Pesta Siaga Gerakan Pramuka 2024 di kompleks Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Sabtu (02/03/2024).

BALAPULANG , LIPUTAN 12 . COM – Sedikitnya 304 siswa pramuka siaga dari pangkalan Gugus Depan SD/MI se-Kwartir Cabang (Kwarcab) Tegal beradu ketangkasan, keterampilan dan kreativitas di ajang Pesta Siaga Gerakan Pramuka 2024 di kompleks Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Sabtu (02/03/2024).

Pj Bupati Tegal Agustyarsyah menuturkan bahwa gerakan pramuka memiliki peran penting dalam membangun kepribadian generasi tunas bangsa yang akan menuntun mereka dalam menggali potensi, mengembangkan bakat dan minat serta mengendalikan diri meraih untuk kecakapan hidup dan membentuk akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.


Dirinya pun menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Siaga ini sebagai wahana bermain sambil belajar.

“Gunakan kesempatan ini untuk mengasah kompetensi dasar kalian, keterampilan kalian, serta kemampuan kalian dalam bekerja sama menjaga kekompakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini pun menitip pesan kepada peserta Pesta Siaga agar bisa mengambil nilai-nilai moral kebaikan dan spiritual yang ditanamkan pada setiap taman, selain bisa memanfaatkan kegiatan ini sebagai bekal pengetahuan, pengalaman yang akan membantu proses pembentukan mental karakter generasi tunas bangsa ke depan agar menjadi pribadi yang cakap, mandiri dan bermanfaat bagi lingkungan, baik lingkungan bermain, lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga.

Seiring dengan itu, sebagai garda terdepan gerakan perubahan, gerakan pramuka harus menjadi pelopor dan menjadi teladan perubahan sikap mental. Menjadi pelopor perwujudan nilai-nilai integritas, nilai-nilai kesantunan, dan nilai-nilai tata krama.


Ajang pramuka siaga ini diharapkan bisa mengobarkan semangat kegotongroyongan di kalangan siswa dan meningkatkan kemampuannya dalam melakukan perubahan, dimulai dari lingkungan terdekat. Selain itu, para seperta juga bisa merasakan pengalaman seru untuk kemudian memetik pembelajaran menarik yang dapat dibagikan kepada teman-temannya di sekolah.

“Ajak teman-teman kalian, sahabat-sahabat kalian bergabung di gerakan kepanduan ini. Buktikan bahwa perubahan ini nyata dan bisa dilakukan. Bisa dilakukan oleh siapa saja,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tegal Widodo Joko Mulyono menuturkan bahwa ajang tahunan kali ini diikuti oleh 304 peserta pramuka siaga putra dan putri dari 18 kwartir ranting se-Kabupaten Tegal. Mereka terbagi dalam 36 barung, yakni 18 barung putra dan 18 barung putri. Selain itu juga terdapat satu barung putra dan satu barung putri yang berasal dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Manunggal Slawi sebagai peserta kehormatan.

“Kegiatan ini bertujuan membentuk jati diri pramuka siaga yang memiliki karakter mulia, memiliki kecakapan hidup, cinta NKRI, berjiwa Pancasila, setia dan siap sedia membela negara,” kata Joko.

Kompetisi gerakan kepanduan Pesta Siaga ini membuka 10 taman, yakni taman agama, peraturan baris berbaris atau PBB, bumbung siaga darma, scouting skills, seni budaya, siaga hebat, ketangkasan, pengetahuan umum, permainan tradisional dan tanda pengenal seragam pramuka.

“Nantinya, barung tergiat satu dan dua berhak mengikuti perkemahan satu hari atau Persari tingkat Kwarda Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Banyumas pada Juni 2024,” tandasnya.

Pada pelaksanannya, kontingen tergiat pertama barung putra diraih Kwartir Suradadi, tergiat kedua diraih Kwartir Bumijawa dan tergiat ketiga diraih Kwartir Slawi. Selanjutnya, tergiat harapan diraih peserta pramuka siaga dari Kwartir Balapulang, Pagerbarang dan Dukuhturi.

Sementara barung putri, tergiat pertama diraih Kwartir Suradadi, tergiat kedua Kwartir Bojong dan tergiat ketiga dari Kwartir Margasari. Adapun tergiat harapan diraih oleh Kwartir Jatinegara, Lebaksiu dan Dukuhwaru. (Ag)

Tags: Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama