TMMD Sengkuyung Tahap I, Jalan Mayon Bejo Diteruskan


TEGAL, LIPUTAN 12 . COM - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I TA 2024 di wilayah Kodim 0712/Tegal di Kelurahan Kalinyamat Kulon menyasar pembuatan talud dan pengerasan jalan, melanjutkan Jalan Mayor Bejo, yang sebelumnya sudah ada namun belum tersambung.

Perwira Pelaksana sekaligus Danramil 03/Sumurpanggang Kapten. Arm. Suroso pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I tersebut menyampaikan bahwa dengan masih adanya jalan yang belum permanen dan terbatasnya swadaya masyarakat
TMMD Sengkuyung Tahap I ini akan membuat talud ukuran panjang 186 meter, lebar 0,3 meter, tinggi 1 meter dan pengurugan jalan ukuran panjang 186 meter, lebar 3,2 meter, tinggi 1 meter.


Pembangunan jalan tersebut sesuai jadwal TMMD dilaksanakan pra TMMD dari 25 Januari s/d 11 Februari 2024. Sedangkan waktu pelaksanaan dari 20 Februari s/d 20 Maret 2024.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap I di Kelurahan Kalinyamat Kulon tersebut menelan total anggaran sebesar Rp412.003.000,- terdiri dari APBD Prov Jateng Rp210.000.000,-, APBD Kota Tegal sebesar Rp202.003.000,-.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa TMMD Sengkuyung Tahap I ini mengusung tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Wilayah”, pihaknya menyadari bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan dan kegotongroyongan antara TNI, sebagai unsur bela negara dan masyarakat umum. 

Wali Kota berharap melalui kerjasama yang baik akan mendorong percepatan program pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.


Dedy Yon Supriyono berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I agar kebersamaan dan kekompakan antara TNI dan masyarakat umum, dengan secara aktif membantu dan mendampingi, sehingga semua pihak dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pelaksanaan pembangunan ini.

Lurah Kalinyamat Kulon Arinto dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa TMMD yang dilaksanakan sekarang adalah pembuatan talud dan pengerasan jalan sepanjang 186 meter.

Menurutnya kegiatan ini meneruskan dari jalan Mayor Bejo yang berlokasi  di wilayah RT 01 dan RT 02 RW 02 Kalinyamat Kulon, Kecamatan Margadana yang sudah lama dibuat.


 “Warga sebetulnya menginginkan penambahan atau pengerasan jalan tersebut sampai di ujung sampai rel kereta, namun karena keterbatasn anggaran jalan hanya dapat dibuat sepanjang 186 meter dengan lebar 3 meter,” ujar Arinto.

Arinto bersyukur warga Kelurahan Kalinyamat Kulon dari RW 01, RW 02, RW 03, dan RW 04 selalu bergotong royong dan berpartisipasi dalam pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap I yang berlangsung di Kelurahan Kalinyamat Kulon.

“Ini memang sudah ditunggu lama, warga antusias menerima pembuatan jalan tersebut,” tutur Arinto.(Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama