Sungkem dan Basuh Kaki Orang Tua Tandai Pelantikan Pramuka Garuda Kwarcab Kota Tegal


TEGAL, LIPUTAN 12 . COM - Pada Langkah gagahnya Garuda muda,mengisyaratkan dia siap berjalan ke tengah arena pengabdian.Di Hari yang terpilih ,menghadirkan teladan-teladan yang gagah.Di hati  dan jiwanya tertanam tanggung jawab untuk menjadi manusia utama,seuntai kalimat yang mengantarkan prosesi pelantikan pramuka Garuda .
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal, Dr HM Jumadi, ST, MM melantik 741 Pramuka menjadi anggota Pramuka Garuda di GOR Wisanggeni, Kota Tegal, Rabu, 21 Februari 2024.

Pramuka yang dilantik menjadi  Pramuka Garuda tersebut berasal dari berbagai golongan mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.Pramuka Garuda merupakan tingkatan tertinggi pada masing-masing golongan dalam Gerakan Pramuka, maka untuk lolos dan dapat di lantik menjadi anggota Pramuka Garuda harus melewati berbagai tahapan ujian.


Ujian dilaksanakan baik praktek maupun ujian tertulis yang dilakukan oleh para pembina gugus depan masing-masing yang hasilnya dibuat portofolio dan diverifikasi serta di uji ulang oleh Pelatih Pramuka dari Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal.

“Hari ini  anggota pramuka dari semua golongan menjadi satu di GOR Wisanggeni Kota Tegal, guna melaksanaan upacara pelantikan anggota Pramuka Garuda,” tutur Hary Purwanto, SH, Selaku Ketua panitia sekaligus Andalan Cabang Bina satuan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tegal.

Pelantikan anggota Pramuka Garuda Kota Tegal di lakukan dengan cara yang berbeda dari biasanya yakni melalui prosesi sungkeman dan membasuh kaki orang tua dengan maksud sebagai perwujudan bakti pada orang tua dan juga permohonan doa restunya.


Menurut Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tegal HM Jumadi, bahwa pelantikan Pramuka Garuda di Kota Tegal dengan prosesi sungkeman dan membasuh kaki kedua orang tua merupakan yang pertama kalinya dilakukan,acara ini dikemas dan di iringi dengan renungan sehingga orang tua yang hadir dan tamu undangan larut dalam kesyahduan  .Lebih lanjut dikatakan Jumadi bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tegal telah melaksanakan kegiatan sebanyak 4 kali pelantikan anggota Pramuka Garuda dengan  jumlah total  2748 anggota Pramuka Garuda.


Terkait adanya prosesi sungkem terhadap orang tua dan juga membasuh kaki ibu atau ayah  masih menurut Jumadi hal itu merupakan prinsip dari ajaran yang ditanamkan dalam setiap anggota Gerakan Pramuka.“Pramuka Garuda ini merupakan capaian yang paling tinggi, karena itu  bagaimana kita menjaga etika, adab kemudian menghargai orang tua khususnya ibu,” terangnya.

Kegiatan ini di hadiri oleh Waka Kwarcab,para andalan cabang,Pelatih,Ka Mabigus , Dewan kerja cabang, Perwakilan orang tua dan  seluruh pramuka garuda yang di lantik,kegiatan di akhiri dengan foto bersam Ka Kwarcab dengan peserta pelantikan dan tamu undangan.(Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama