Lomba Senam Kreasi Enam Langkah Cuci Tangan, Upaya Kenalkan Perilaku Hidup Sehat



SLAWI , LIPUTAN 12 . COM - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tegal menyelenggarakan Lomba Senam Kreasi Enam Langkah Cuci Tangan sebagai sarana sosialisasi penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) serta pencegahan stunting dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.Lomba yang  diikuti diikuti oleh 18 tim dari TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal bertempat di Pendopo Amangkurat, Senin (26/02/2024).

Dalam sambutannya Ketua Pokja IV TP-PKK Kabupaten Tegal Endang Suprihandani menyampaikan bahwa lomba ini menjadi sarana kreatifitas dalam memeriahkan rangkaian kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK tahun 2024.


Ditambahkan, kegiatan tersebut sebagai upaya pengenalan proses mencuci tangan yang dilakukan secara menyeluruh dan efektif, srhingga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Dengan adanya kader PKK yang memiliki kemampuan sumber daya manusia yang unggul diharapkan dapat menjadi motivator dan fasilitator bagi masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Ketua Pokja IV TP-PKK Kabupaten Tegal Elly Novita menyampaikan melalui lomba ini bertujuan untuk mensosialisasikan, membudayakan serta meningkatkan enam langkah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

 “CTPS dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti Diare, Cacingan, Ispa, Covid-19, Hepatitis A, penyakit kulit dan penyakit lainnya,” ungkap Elly.


Dari 18 peserta yang ikut pada acara lomba ini, juara I diraih oleh TP-PKK Kecamatan Adiwerna, juara II diraih Kecamatan Balapulang dan juara III diraih Kecamatan Tarub.

Masing-masing pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan, juara I sebesar Rp.3.000.000, juara II Rp. 2.500.000 serta juara III Rp. 2.000.000

Sementara itu, untuk juara harapan I diraih oleh TP-PKK Kecamatan Pangkah, harapan II diraih oleh Kecamatan Slawi dan harapan III diraih oleh Kecamatan Warureja. Masing-masing pemenang memdapatkan uang pembinaan, Rp.1.500.000 untuk juara harapan I, Rp.1.250.000 untuk harapan II dan Rp. 1.000.000 untuk harapan III.(Ag)

Tags: Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama