240 Pramuka Siaga Berkompetisi pada Pesta Siaga Tahun 2024


TEGAL, LIPUTAN 12 .COM - Pagi yang  cerah, mentari bersinar penuh semangat. Cakrawala biru tampak anggun sekali mengantarkan 240 pramuka untuk mengikuti upacara pembukaan  pesta siaga sekaligus berebut menjadi yang terbaik dan selanjutnya untuk bersaing di Tingkat Kwartir cabang Kota Tegal.

Penyelenggaraan Pesta Siaga tahun ini Bertempat di Kompleks kecamatan Tegal Selatan  Kota Tegal Pesta Siaga Kwartir Ranting Tegal Selatan, digelar, Sabtu , 24 Pebruari 2024. Kegiatan tersebut di buka oleh Kak Mabiran Tegal Selatan H.MB. Budi Santoso, SE.,MH. Selaku camat Tegal Selatan.


Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan pesta siaga adalah kegiatan yang rutin tahunan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka baik di tingkat ranting, tingkat cabang maupun di tingkat korwil ,pesta siaga juga  merupakan sarana pembelajaran bagi anggota pramuka siaga dan sekaligus sarana untuk berlatih mandiri bagi anggota pramuka dalam melakukan kegiatan kehidupan yang sesungguhnya, baik dalam kehidupan keluarga maupun  bermasyarakat, maka melalui kegiatan  ini saya titip pesan kepada anak-anakku sekalian untuk senantiasa menjaga kebersamaan, kerukunan, serta rasa persaudaraan sehingga nantinya akan terwujud sebuah keserasian serta kekompakan diantara kalian semua.

Tujuan di selenggarakannya pesta siaga ini menurut Anas Primansyah, s.pd selaku ketua pelaksana yakni sebagai wahana pertemuan besar pramuka siaga dengan kegiatan yang manarik, menantang, dan menggembirakan, Membentuk pribadi yang berkarakter mulia dan patuh pada ayah bundanya,Membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga Mengembangkan sikap terbuka dan antar pramuka siaga dengan tambahan  pengalaman, pengetahuan, dan kecakapan,Memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Tema Pesta Siaga Kwartir
Ranting Tegal Selatan kali ini  :“ Siaga berani dan tidak putus asa sedangkan “Motto : “ Satyaku kudarmakan, Darmaku kubaktikan
"

Panitia menyediakan Pos /Taman dalam kegiatan ini diantaranya, Taman Agama, Tanda Pengenal  Pramuka, Scouting skill, Pengetahuan Umum, Siaga Hebat, Permainan karet ,ketangkasan kelereng, Seni Budaya ,Bumbung Dharma Siaga dan yang terakhir PBB (peraturan Baris berbaris) pungkasnya.

Sementara menurut Nurohman selaku sekretaris Kwarran Tegal Selatan bahwa kegiatan Pesta siaga Tingkat Kwartir Cabang Kota Tegal akan dilaksanakan pada hari Minggu ,3 Maret 2024 di SMP negeri 17 Kota Tegal,di ikuti oleh para juara 1,2 dan 3 purtra dan putri dari masing masing Kwarrran.

Pada kesempatan yang sama pembukaan pesta siaga di hadiri oleh Forkompincam,Ketua Kwartir Ranting Tegal Selatan,Para Wakil Ketua Kwarran, Andalan Ranting, Kaabigus, Dewan Kerja Ranting dan pembina pendamping.dan di meriahkan oleh Drum Band dari pangkalan gugus depan SD Bandung 1 Kota Tegal.


Adapun Pemenang Kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwarran Tegal Selatan tahun 2024  yaitu,tergiat putra yaitu, juara 1 dari SD Negeri Tunon 2,juara 2 dari SD Negeri Randugunting 5,juara 3 dari SD Negeri  Randugunting 3  sedangkan tergiat putri berturut – turut Juara 1,2 dan 3 dari MI nurul Huda, SD Negeri Keturen dan  Randugunting 2.

Siskuwono Slamet,S.Pd selaku ketua Kwarran Tegal Selatan Beliau berharap melalui kegiatan ini akan memberikan kecakapan secara nyata sehingga ada bekal untuk mempersiapkan lomba pesta siaga di tingkat berikutnya ,bagi peserta tergiat 1,2 dan 3 putra dan putri beliau menyampaikan ucapan selamat semoga kelak  kedepanya menjadi anak bangsa yang berkarakter kebangsaan yang utuh.(Ag)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama