Pj Bupati Tegal Tinjau Tempat Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024


DUKUHWARU, LIPUTAN 12 . COM – Penjabat (Pj) Bupati Tegal Agustyarsyah didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud beserta jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal melakukan monitoring ke tempat penyortiran dan pelipatan kertas surat suara Pemilu 2024 di Gudang Logistik KPU Kabupaten Tegal di Jalan Raya Slawi-Jatibarang, Selasa (16/01/2024).

Agustyarsyah menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada jajaran KPU Kabupaten Tegal yang terus bekerja keras menyiapkan logistik untuk pemungutan suara Pemilu 2024 tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Di sini, pihaknya hanya ingin memastikan kesiapan logistik Pemilu tercukupI, baik dari sisi prosedur, kondisi kertas surat suara, ketepatan jumlah dan target waktu atau jadwal penyelesaiannya.

“Mari, hari ini kita bersama-sama pemerintah, masyarakat, KPU juga petugas keamanan memastikan Pemilu nanti berjalan baik, aman, dan lancar,” ujarnya.


Di sini, orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini tampak antusias melihat proses penyortiran dan pelipatan surat suara yang sudah memasuki tahap terakhir penyelesaian. Dia pun mengapresiasi kinerja KPU yang mampu menyelesaikan proses ini lebih cepat 8 hari dari target 19 hari yang telah ditetapkan.

Pj Bupati Tegal menitip pesan kepada jajaran KPU agar proses pendistribusian surat suara Pilpres dan pemilihan anggota legislatif ke kecamatan, desa hingga TPS dapat dikawal dengan baik bersama aparat keamanan dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Setelah kini kita koordinasikan lagi dengan unsur Forkopimda untuk mengawal proses pendistribusiannya,” katanya.

Kegiatan monitoring dilanjutkan dengan meninjau kesiapan ruangan di Kantor Kecamatan Dukuhwaru dan Kantor Kepala Desa Dukuhwaru untuk menyimpan surat suara.


Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan mengungkapkan dari proses penyortiran pihaknya ditemukan sejumlah surat suara Pemilu yang kondisinya rusak. Meskipun dari sisi jumlah, tingkat kerusakannya masih di bawah ambang batas normal 0.001 persen dari 1,2 juta surat suara yang diterimanya.

“Surat suara yang rusak akan dikembalikan dan kita ajukan kembali penggantiannya,” ujarnya.

Usai melakukan monitoring kesiapan logistik Pemilu 2024. Pj Bupati Tegal beserta rombongan melanjutkan perjalanan dinas dalam daerahnya ke Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal untuk menghadiri acara Purna Tugas Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal Ramdoni di kantor kejaksaan setempat, dilanjutkan koordinasi internal bersama Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun di Polres Tegal.

Kegiatan Agustyarsyah yang masih menjabat Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara ini diakhiri dengan kunjungan ke objek wisata Cacaban. (Ag)


Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama