Balai Pelayanan KB Kecamatan Dukuhturi Menjadi Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera

         

                                                                              TEGAL, LIPUTAN 12 . COM - Balai pelayanan keluarga berencana Kecamatan Dukuhturi  dijadikan  pusat pelayanan keluarga sejahtera (SATYA GATRA) BAHTERA KENCANA. Kegiatan itu dicanangkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APKB) Kabupaten Tegal Khofifah sekaligus meresmikan gedung balai pelayanan keluarga berencana (Balai PKB)  Rabu  31 Januari 2024 di kompleks perkantoran Kecamatan Dukuhturi. 

Hadir di kesempatan tersebut Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala Puskesmas Dukuhturi dan Kupu , Kepala KUA Dukuhturi, Koordinator wilayah kerja (KWK) Dikbud, KWK Pertanian,Ketua IBI, Unsur Dinas P3AP2KB , Ketua Ikatan Penyuluh KB (IPeKB) dan unsur  lainnya.  
Gelaran yang dikemas dalam bentuk tasyakuran, Kepala DP3PA2KB menyampaikan bahwa proses pembangunan yang sempat molor akhirnya dapat diselesaikan oleh pihak kontraktor. Sumber dana rehab gedung berasal dari dana alokasi khusus biaya operasional keluarga berencana (BOKB) yang berumber dari APBN tahun 2023 dengan nilai kontrak sekitar Rp.444.550.000,-. Gedung berukuran 9 x 12 meter tadinya hanya 1 lantai di rehab menjadi 2 lantai .


Ibu yang selalu energik dalam mengawal kegiatan keluarga berencana, kependudukan dan stunting ini  menyampaikan terimakasih kepada pihak kecamatan yang telah menyerahkan pengelolaan asset kepada BKKBN sehingga dapat terwujud pembangunan balai pelayanan KB yang cukup representative dan termegah diantara 18 balai KB di Kabupaten Tegal. Sarana yang baru direnovasi ini dapat digunakan juga untuk kegiatan rapat koordinasi kecamatan atau kegiatan lainnya. 

Kecamatan Dukuhturi juga patut diacungi jempol, karena untuk kegiatan PIK R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) tahun 2023 menjadi juara ke -3 tingkat nasional. Kegiatan PIK R adalah suatu wadah kegiatan program Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari,oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja serta kegiatan – kegiatan penunjang lainnya. “ Top...untuk Kec Dukuhturi yang meraih juara ke-3 tingkat nasional Kegiatan Pusat Informasi dan Konseling Rema (PIK R) tahun 2023”, tegas Khofifah.


Di sela - sela  kegiatan Teccnikal Assistant Stunting kabupaten Tegal  Bambang Rudihartono berkesampatan melakukan wawancara dengan koordinator lapangan penyuluh KB Kecamatan Dukuhturi Ardhian Purwo Pranantyo tentang berbagai jenis layanan yang nanti akan difasilitasi pusat pelayanan keluarga sejahtera. 

Layanan yang akan difasilitasi antara lain : pelayanan data dan informasi kependudukan KBm pelayanan informasi dan konseling keluarga balita dan anak, pelayanan informasi dan konselinag keluarga remaja dan remaja, pelayanan informasi dan konseling keluarga lansia dan lansia , pelayanan informasi dan konseling pra nikah, pelayanan informasi dan kesehatan reproduksi dan KB, pelayanan pemberdayaan ekonomi keluarga, pelayanan informasi dan edukasi tentang pencegahan dan penanganan stunting.  
Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan peninjuan ruang dan fasilitas yang tersedia di Balai KB setelah dilakukan renovasi . (Ag)


Tags : Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama