Warga Menuntut Kompensasi Pembangunan Tower Protelindo Yang Belum Diselesaikan

Karawang, Liputan12.com - Karawang Sebuah menara (tower) telekomunikasi di wilayah desa Solokan dusun kenanga dua, rt 006/003 Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang Warga menuntut kompensasi yang telah dijanjikan di awal kontrak pada bulan yang lalu belum diselesaikan.

Pasalnya konfirmasi lanjutan beberapa warga yang terdampak radius terkait keberadaan tower yang berdiri di Dusun kenanga dua Desa solokan tersebut hingga sampai saat ini pihak pengembang dari tower Protelindo belum bisa ditemuin.

Tower yang terletak di belakang sebuah rumah tersebut terlihat sudah rapih pembangunannya pemilik tower belum juga melaksanakan komitmen yang pernah disepakati karena belum ada kompensasi ke empat warga di dusun kenanga dua. warga yang terdampak

Keberadaan tower yang  menjadi keluhan warga sekitar di duga belum menyelesaikan administrasi kompensasi untuk beberapa warga yang masuk dalam radius tower Protelindo tersebut

Salah satu warga terdampak, matami,ke awak media JurnalPolri menjelaskan dari awal pengembang dari tower Protelindo tidak adanya kejelasan kompensasi kami hanya dijanjikan ada sekitar 3 warga terdampak yang memiliki lahan di sekitar tower tersebut, dan ada 1 warga yang atap rumahnya rusak tertimpa besi sebelumnya kepemilikan tower akan memberikan kompensasi tapi sampai saat ini hanya janji janji saja .

Dia menceritakan tower tersebut didirikan pada bulan lalu dengan mengontrak lahan salah satu warga, Selain membayar kontrak lahan, pemilik awal yakni pihak Protelindo, mau memberi kompensasi kepada warga di sekitarnya sesuai kesepakatan namun kami belum menerima kompensasi tersebut.

“bahkan ada salah satu warga ibu sainah rumah tempat tinggalnya kejatuhan besi sampai ada kerusakan dibagian Atap Kejadian itu menyebabkan atap rumah ibu Sainah berlubang untungnya tidak ada korban, ",ucap Warga

Katanya dari pihak tower akan siap tanggung jawab untuk memberikan uang kompensasi untuk penggantian atap rumah yang tertimpah besi dan menyelesaikan kompensasi yang belum selesai tapi sampai saat ini janji tersebut nol besar ", ujarnya Matami Minggu (30/12/2023).

Dalam Pasal 11 ayat (1) Peraturan Bersama Menteri mengatur bahwa Permohonan Izin Mendirikan Bangunan Menara melampirkan persyaratan administratif dan persyaratan teknis. Dalam Pasal 11 ayat (2) Peraturan Bersama Menteri disebutkan pesyaratan administratif yang terdiri dari poin a-h,yang mana dalam poin g secara jelas bahwa harus ada persetujuan dari warga sekitar yang masuk dalam radius,
.
Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, media Liputan12com masih terus menunggu respons konfirmasi dari pihak Protelindo.

Warga pun berharap kepada dinas dinas yang berkompeten khususnya wilayah Karawang segera sikapi agar secepatnya menidak lanjuti keberaadaan tower yang dikeluhkan warga agar tidak menjadi polemik dan ada pertanggung jawabannya dari pihak tower.

M. ASN

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama