Upaya Turunkan Stunting TPPS Kecamatan Slawi Bangun Rumah Anak Sigap

   

                                                                    
SLAWI, LIPUTAN 12 . COM - Pelaksana Tugas  Camat Slawi Daryanti dengan sangat antusias menyampaikan geliat  Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS)  Kecamatan Slawi dalam upaya mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Tegal. 

Dalam kesempatan peresmian replikasi rumah anak sigap di Kelurahan Slawi Wetan Selasa, 19 Desember 2023 , Alumnus  STPDN Bandung tahun 2003 ini menyampaikan bahwa sejak dikeluarkan SK TPPS bulan November tahun 2022, TPPS Kecamatan Slawi langsung melakukan berbagai gerakan untuk mendukung percepatan penurunan stunting Kabupaten Tegal. 

Diawali pada bulan Februari 2023, TPPS mempelopori gerakan One Day One Endog, untuk membantu memberikan asupan yang mengandung proein hewani bagi balita resiko stunting di wilayah Kecamatan Slawi. 


Pemberian PMT dalam bentuk telor  kepada balita resiko stunting dengan melibatkan  puskesmas Slawi, penyuluh keluarga berencana, pemerintah kelurahan/desa dan  kader posyandu untuk proses distribusi ke sasaran.  TPPS Slawi juga menggandeng para pengusaha yang ada di wilayah Kecamatan Slawi untuk berkontribusi menjadi Bapak Ibu Asuh Anak Stunting (BAAS). 

Dana yang terkumpul dari bulan Februari – Juni 2023 sebesar rp 57.905.000,-  dengan jumlah sasaran  sebanyak 720 balita resiko stunting yang diberikan dalam  5  tahapan. Setelah diintervensi  dari jumlah sasaran sebanyak 720 balita yang mengalami kenaikan  tinggi badan sebanyak 460 balita (69,8%). 


Bulan Juli TPPS melanjutkan pemberian PMT bagi balita resiko stunting dengan dana Rames Saceting yang dihimpun dari donasi ASN dan para perangkat desa di wiayah kecamatan Slawi. Jumlah dana yang terkumpul dari bulan Juli – Desember 2023 sebanyak Rp 50.900.000,- . Dana terebut digunakan untuk PMT telor dan susu yang diberikan kepada 380 balita resiko stunting.  

Selain dana rames saceting TPPS Slawi juga menggaet CSR dari PT CHARM PORTHAN dengan sumbangan 11.500 butir telor. Berdasarkan hasil evaluasi Puskesmas Slawi dari jumlah 380 balita yang diintervensi sebanyak 136 (35,7%) mengalami kenaikan tinggi badan. 

Sebagai tanda dimulainya aktfitas kegiatan di rumah anak sigap, Asisten I bidang kesejahteraan rakyat dan pemerintahan Suspriyanti, mewakili Bupati Tegal meresmikan rumah anak sigap yang dibangun dengan dana APBD. Dia berharap rumah anak sigap itu dielihara dan dimanfaatkan untuk kegiatan bagi orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak sehingga nantinya menjadi generasi yang cerdas dan sehat. Rumah anak sigap ini merupakan kegiatan replikasi yang sudah dilakukan lembaga mitra Tanoto  Foundation di Desa Tuwel Kecamatan Bojong. 

Dukungan yang diberikan oleh pihak Tanoto  Foundation antara lain : dukungan trainer untuk melatih fasilitator rumah anak sigap, pelatihan manajemen rumah anak sigap, pendampingan fasilitator rumah anak sigap desa Tuwel kepada fasiliatator rumah anak sigap Slawi Wetan secara berkala, dan dalam proses pengajuan alat peraga edukasi ke pihak yayasan. Kegiatan peresmian diakhiri dengan pemberian bantuan telor dan susu kepada baduta resiko stunting oleh  Asisten I.(Ag)


Tags: Pemerintah 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama