Sosialisasi Penerapan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Kabupaten Banyuasin Tahun 2023

Banyuasin, Liputan12.com -
Sosialisasi Penerapan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 Di Hotel Grand Daira. Selasa (05/12/2023) 

Hadir langsung dalam kegiatan ini kadis PUPR Kabupaten Banyuasin Ir. Apriansyah,ST,MM,Kadis Perkim H.Rian Aditya ST. MM.IPM.Asean Eng., Kabid Penataan Bangunan dan Lingkungan Disperkim Provinsi Sumsel Dr.Ir KM Aminuddin ST. MT. IPM. Asean Eng., PPK Tata Laksana Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel Endang Surya SH. ST. Msi., Kabid Perizinan Tertentu DPMPTSP Alamsyah Spd., Katua Panitia Pelaksana Defriansyah., Dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. 

Disaat dibicangi awak media dalam kegiatan tersebut Defriansyah selaku Ketua panitia Pelaksana mengatakan, bahwa pada hari ini 

kegiatan untuk sosialisasi masalah perubahan Peraturan Pemerintah No.16 Tahun 2021 tentang Persetujuan Bangunan gedung yang mana sebelumnya peraturan pemerintah nomor 36 tahun 2005 tentang Izin Mendirikan Bangunan ( IMB ). 

"Jadikan kegiatan ini utk menyampaikan kepada aparatur pemerintah di kecamatan agar menyampaikan kepada masyarakat,mungkin kita kurang sosialisasi dengan adanya perubahan bahwa IMB sudah tidak berlaku lagi dari tahun 2001 bulan Agustus, dan sekarang menjadi persetujuan bangunan gedung. Maka dari itu kita sosialisasi ke seluruh Kecamatan di wilayah Pemerintah Kabupaten Banyuasin, ”ujarnya.

Ia menambahkan, untuk peserta yang hadir dari Kegiatan Sosialisai ini sekitar 60 orang dari kecamatan dan OPD yang terkait,dan terutama Kecamatan Talang Kelapa, karena banyak pemohon dari Kecamatan Talang Kelapa. 

"Jadi sekarang persetujuan bangunan gedung itu melalui link online di link simbg.go.id jadi pemohon sekarang bisa menginput data lewat aplikasi dengan catatan persyaratan lengkap, disertakan no telepon. Karena kalau persyaratan lengkap paling lama 28 hari rekomtek sudah keluar dan paling cepat dan berkas lengkap 5 hari sampai 3 hari, asal lengkap untuk persyaratan teknis termasuk sudah keluarnya rekom tata ruang, data umum tanah jelas dan sebagainya.Ini utama untuk penertiban penataan bangunan untuk Kabupaten Banyuasin dan peningkatan retribusi daerah lainnya, "pungkasnya.

Maka dari itu peserta stakeholder yang ada di Pemerintah Kabupaten bisa mendapatkan, dan mensosialisasikan ke masyarakat bahwa sekarang untuk pengurusan Izin bangunan sekarang cukup membuka link simbg.go.id " Tutupnya.(Rian)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama